Edisi 05-11-2016
BI Corner Tingkatkan Literasi Keuangan


SEMARANG – Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa. Upaya ini ditempuh dengan menghadirkan BI Corner di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

“Langkah meningkatkan literasi keuangan memang membutuhkan kerja sama pihak lain, dalam hal ini universitas. BI Corner sudah hadir di 200 universitas yang tersebar di Indonesia. Salah satunya di Fakultas Ekonomi Unnes,” ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto kemarin. Program ini merupakan salah satu pintu kecil bagi mahasiswa mengakses informasi lebih banyak terkait isu ekonomi.

Mahasiswa yang melakukan penelitian akan dimudahkan dengan kekayaan data yang mudah diakses. Di ruangan tersebut tersedia berbagai buku terkait Bank Indonesia, sistem perekonomian, serta data-data dari hasil berbagai penelitian seputar masalah ekonomi. “Buku maupun data-data hasil penelitian akan terus diperbaharui.

Sehingga para mahasiswa bisa mendapatkan informasi terbaru, baik mengenai ekonomi maupun kebijakan- kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia,” ucapnya. Rektor Universitas Negeri Semarang Fathur Rokhman menambahkan, program ini akan memberikan manfaat besar bagi pengembangan literasi keuangan. “Kami menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh BI.

Masyarakat harus dapat mengelola keuangan dengan cerdas sehingga mereka terentaskan dari kebodohan dan kemiskinan,” ujarnya. Mahasiswa menjadi salah satu agen yang diandalkan dalam perubahan tersebut. Meski demikian, informasi yang tepat juga harus didapatkan oleh mahasiswa maupun dosen melalui program BI Corner.

“Informasi-informasi seputar keuangan ini kemudian bisa sampai ke masyarakat. Kami mengharapkan pola pikir dan pola dalam mengelola keuangan mereka menjadi lebih baik,” pungkasnya.

hendrati hapsari

Berita Lainnya...