Edisi 05-11-2016
Dinkes Pati Bangun 7 Puskesmas Rawat Inap


PATI – Dinas Kesehatan Ka - bupaten Pati pada 2016 ini membangun tujuh puskes - mas baru yang berfungsi un - tuk menampung pasien sebe - lum dilarikan ke rumah sakit.

Keunggulan puskesmas ini selain memberikan layan - an berobat jalan bagi pasien, juga berfungsi memberikan rawat inap layaknya di rumah sakit. Pembangunan ketujuh pus kesmas tersebut meliputi puskesmas di Kecamatan We - darijaksa, Tambakromo, Ja - ken an, Batangan, Gabus, Pati, serta Margoyoso. Selain pembangunan pus - kesmas baru, Dinas Kese hat - an Kabupaten Pati juga me - lakukan pembangunan un - tuk meningkatkan sarana pe - nunjang guna mendukung fung si puskesmas, dari pus - kes mas biasa menjadi pus kes - mas rawat inap.

Menurut Kasie Perbe kal - an Dinas Kesehatan Kabupa - ten Pati Endri Jatmiko, pihak - nya terus melakukan per baik - an sarana dan prasarana ke - sehatan untuk memberikan layanan prima kepada ma sya - rakat sehingga program Di - nas Kesehatan berjalan de - ngan baik dari atas ke bawah.

“Tujuan peningkatan un - tuk pendekatan kepada ma - syarakat jika masyarakat sa - kit tidak usah dilarikan ke ru - mah sakit, tapi ke puskesmas dahulu,” katanya baru-baru ini. Karena di puskesmas ra - wat inap ini, imbuhnya, juga dilengkapi dengan 20 tempat tidur rawat inap dan ada te - naga medis dari rumah sakit.

Pembangunan puske s - mas yang bersumber dari da - na APBD tahun 2016 tersebut dijadwalkan akan rampung pada Desember 2016 se hing - ga pada awal Desember fasi - litas puskesmas rawat inap tersebut telah dapat digu na - kan masyarakat. “Dari tujuh puskesmas, dua yang paling menelan bia - ya besar, yaitu Puskesmas Wedarijaksa 2 dan Tambak - ro mo yang menelan dana se - kitar Rp3,8 miliar,” kata Endri.

ES/SR

Berita Lainnya...