Edisi 05-11-2016
Gempa 4,9 SR Guncang Karanganyar


KARANGANYAR – Gempa tektonik yang mengguncang Madiun, Jawa Timur, dan sekitarnya pada Jumat siang, terasa hingga wilayah Karanganyar. Lindu yang terjadi pada pukul 12.08 WIB dengan kekuatan 4,9 skala Richter bersumber dari aktivitas sesar atau patahan aktif di utara Gunung Lawu.

KepalaBidangMitigasiGempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis menyebutkan, titik sumber gempa terletak pada koordinat 7,55 derajat LS dan 111,30 derajat BT. “Tepatnya di darat pada jarak45kilometerarahutaraKota Madiun pada kedalaman 19 kilometer,” ujarnya kemarin.

Getaran gempa yang dirasakan warga yang bermukim di Kecamatan Tawangmangu, Jenawi, dan Ngargoyoso ini dilaporkan dalam skala intensitas II versi BMKG atau skala III MMI. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa tersebut tergolong gempa dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Pemicu gempa ini diperkirakan adalah aktivitas sesar aktif di sebelah utara Gunung Lawu. Sejauh ini belum terjadi gempa susulan,” ucap Daryono. Beberapa warga di daerah tersebut dilaporkan sempat berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. BMKG meminta masyarakat yang terkena dampak guncangan tetap tenang.

Pasalnya, gempa tersebut tidak berpotensi merusak. CamatTawangmanguSibun menambahkan, gempa dirasakan warga sekitar pukul 12.00 WIB. Gempa tersebut berlangsung sekali dengan durasi waktu kurang dari 1 menit. Meski demikian, gempa sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

“Sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban. Tapi masih dilakukan pengecekan ke tiap desa karena tadi warga sempat panik. Getaran juga cukup keras,” katanya kemarin.

arief setiadi

Berita Lainnya...