Edisi 05-11-2016
Panitia Batasi 20.000 Peserta


SEMARANG – Panitia eventBank Jateng Borobudur 10 K akan membatasi peserta jika pendaftar sudah mencapai 20.000 orang. Pembatasan dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan kepada peserta sendiri.

Hingga saat ini pelari yang sudah melakukan registrasi sudah mencapai sekitar 13.000 orang. Rinciannya, pendaftar offlinetelah mencapai 6.000 dan online7.000. “Setiap tahun pesertanya selalu membeludak sehingga harus kami lakukan pembatasan. Pendaftaran akan resmi kami tutup pada 16 November,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso, kemarin.

Eventyang rutin digelar setahun sekali ini akan digeber pada 20 November. Empat nomor yang dipertandingkan di antaranya 10 K, 21 K, dan 42 K, serta 116 K atau ultra maraton. Budi mengatakan, selain lari maraton, yang akan menjadi rangkaian eventtersebut adalah Borobudur Offroad yang akan digelar pada 11-12 November.

Sebelum nomor 10 K dipertandingkan, rangkaian kegiatan lain adalah BTN Tour de Borobudur pada 18-19 November. Perlombaan sepeda tersebut banyak menyedot peserta dari dalam dan luar negeri. “Lomba sepeda funakan mengitari daerah-daerah wisata seperti di kawasan Dieng Wonosobo dan Candi Prambanan.

Harapan kami jangka panjang kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah, khususnya Candi Borobudur bisa mencapai 2 juta dalam satu tahun, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo,” ucap Budi. Sekretaris panitia Bank Jateng Borobudur Kuncoro Dwi Wibowo mengatakan, setiap hari jumlah peserta yang mendaftar terus bertambah.

Bagi peserta dari Jawa Tengah, biasanya mendaftar secara kelompok untuk memudahkan registrasi. Tidak hanya masyarakat umum, lomba lari tersebut akan diikuti atlet nasional seperti Agus Prayogo dan Triyaningsih serta 99% atlet dari luar negeri yang 2015 ikut menjuarai eventtersebut. “Bagi yang sudah menyelesaikan registrasi pembayaran, bisa mengambil racepackpada 17-19 November di Mall Artoz Magelang.

Pendaftaran dilakukan pada hari kerja dan jam kerja,” ucapnya. Untuk menjaring banyak peserta, Dinpora Jateng melakukan sosialisasi tersebut melalui sejumlah media sosial seperti Facebookdan Twitter. Dinpora mengajak masyarakat ikut meramaikan eventtersebut.

arif purniawan

Berita Lainnya...