Edisi 05-11-2016
Siswa SMAN 14 Tebar Benih Ikan dan Tanam Ribuan Tanaman


SEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa, para siswa dan guru di SMAN 14 Semarang kemarin menggelar aksi tebar benih ikan serta menanam ribuan bunga dan tanaman di lingkungan yang ada di sekitar sekolah tersebut.

Peringatan Hari Cinta Puspa danSatwamemangmenjadiagenda rutin tahunan di sekolah tersebut untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap lingkungandanalam. Selainmenebarbenih ikan dan menanam, kegiatan itu juga dimeriahkan juga dengan parade tari Semarangan, fashion show baju daur ulang sampah, serta wisata safari seluruh siswa kelas XII ke Taman Margasatwa Semarang(BonbinMangkang).

“Pada pelaksanaan tahun sebelumnya, digalakkan program SUSU atau sak uwong sak uwit (satu orang satu tanaman) untuk menghijaukansekolah. Tahunini, dilaksanakan dengan penanaman 1.000 bunga dan pelepasan ribuanbenihikannilakesungaidan kolam ikan yang ada di sekitar sekolah,” ujarKepalaSMANegeri 14 Semarang Lukita Yuniati.

Dia mengatakan, melalui kegiatan itu, para siswa ditumbuhkan sikap peduli serta cinta kepada alam secara positif. SMAN 14 Semarang saat ini tengah menuju kepada sebuah sekolah berstatus Adi Wiyata Mandiri. Dengan visi yang akan dicapai itu, sekolah tersebut selalu menekankan pentingnya melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati.

“Tidak hanya pada momen seperti ini, setiap hari para siswa selalu kami ajarkan untuk mencintai lingkungan. Di antaranya melalui gerakan sambil menyanyi, memungut, dan memilah sampah atau disingkat dengan GEMMES. Program ini kami wajibkan kepada siswa selama sepuluh menit sebelum pulang sekolah,” katanya.

Pada kesempatan itu, perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang Totok Istidaryanto mengapresiasi peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa yang digelar di sekolah tersebut. Dia berharap gerakan itu dapat diaplikasikan oleh siswa setiap hari.

“Kami terkesan dengan SMA Negeri 14 Semarang karena sudah mengimplementasikan kecintaan dan peduli lingkungan dalam pembelajaran sehari-hari,” ungkapnya.

susilo himawan

Berita Lainnya...