Edisi 05-11-2016
Tak Rasional, Anggaran SKPD Langsung Dicoret


JEPARA - Meski baru beberapa hari menjabat sebagai Plt Bupati Jepara, Ihwan Sudrajat berani membuat gebrakan. Bahkan, pejabat Pemprov Jateng ini mengancam akan mencoret anggaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tak rasional dalam APBD Jepara 2017.

Ihwan mengatakan akan mendatangi satu per satu instansi pemerintah lingkup Pemkab Jepara. Pimpinan SKPD dimintanya memaparkan langsung program kerja berikut anggaran yang dibutuhkan. “Jadi pimpinan SKPD siapsiap. Jika tak rasional, anggaran saya coret. Tapi kalau program kerja bagus, argumentasinya tepat anggaran juga bisa saya tambah,” tandas Ihwan saat apel di halaman Setda Jepara kemarin.

Mantan Plt Bupati Blora ini menilai paparan langsung dari pimpinan SKPD penting. Dia ingin seluruh pimpinan SKPD harus bisa menyusun sendiri program kerja berikut anggaran yang dibutuhkan. Sebab, praktik yang sering terjadi aktivitas itu hanya diserahkan kepada eselon III ke bawah. “Lalu kepala SKPD hanya copy paste . Tidak boleh lagi seperti itu,” ujarnya.

Di hadapan para abdi negara, Ihwan juga tak sungkan menyentil kerja SKPD yang dinilainya belum maksimal. Salah satu contohnya, dia menyoroti kerusakan keramik trotoar Alun-alun Jepara. Dia menginstruksikan agar pekan depan kerusakan itu sudah beres. “Kepala Dinas Ciptaruk catat itu.

Caranya bagaimana terserah, yang penting pekan depan lubang di alun-alun sudah tertutup dan lantai harus bersih,” katanya. Ihwan menegaskan masa tugasnya sebagai Plt Bupati Jepara hanya 100 hari. Dalam kurun waktu itu, dia ingin membangun budaya kerja yang selalu mencapai target.

“Semangat korporasi yang positif akan terus kita tanamkan. Kita ingin pemerintahan di Jepara memiliki wibawa,” paparnya. Asisten Pemerintahan Sekda Jepara M Junaidi mengapresiasi kinerja Ihwan Sudrajat. Pihaknya juga siap mendukung berbagai langkah yang dicanangkan Plt Bupati Jepara. “Semoga bisa mendatangkan perubahan. Kinerja dan pelayanan kita kepada masyarakat juga bisa meningkat,” tandasnya.

muhammad oliez

Berita Lainnya...