Edisi 05-11-2016
Unnes Tuan Rumah Kongres Sastra Jawa IV


SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi tuan rumah pelaksanaan Kongres Sastra Jawa (KSJ) IV. Kongres Sastra Jawa berlangsung tiga hari dari Jumat (4/11) hingga Minggu (6/11) dan dipusatkan di Kampung Budaya Kampus Unnes Sekaran.

“Kongres Sastra Jawa IV ini diikuti berbagai kalangan, seperti guru, dosen, mahasiswa, seniman, budayawan, pamong budaya Jawa, serta pemerhati yang berasal dari berbagai daerah seperti Jateng, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” ujar Ketua Panitia Dhoni Zustiyantoro di sela pembukaan KSJ IV kemarin. Dia menyebutkan, pada pelaksanaan KSJ IV bertajuk “Mbangun Regenerasi Sastra( wan) Jawa” tersebut selama tiga hari berjalan akan mengupas berbagai topik penting.

“Selama kegiatan akan dilaksanakan berbagai seminar dengan tema berbeda-beda. Di antaranya Sastra Jawa Pesisiran, Drama Jawa sebagai Sarana sastra Lisan, Drama Jawa di Sekolah dan Permasalahannya, Sastra Jawa di Pesantren, Sastra Piwulang Jawa, Sastra Jawa dalam Tradisi Syiir Pesantren, dan masih banyak lagi,” paparnya.

Sementara itu, Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman ketika membuka kongres mengatakan, Sastra Jawa saat ini sudah mendunia. “Sastra Jawa telah menjadi kekayaan kultural bangsa yang sangat berharga. Oleh karena itu, regenerasi sastra dan sastrawan Jawa sudah layaknya menjadi agenda bersama,” ungkapnya.

susilo himawan

Berita Lainnya...