Edisi 05-11-2016
4 Warga Binaan Lapas Gunakan Narkoba


BANJAR – Empat warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Kota Banjar diduga positif menggunakan narkoba. Dugaan tersebut muncul setelah anggota Satnarkoba dan Satreskrim Polres Banjar merazia (Lapas), kemarin.

Dari razia tersebut juga ditemukan berbagai macam barang yang dilarang berada di dalam lapas, seperti tiga handphone, bong, gunting, buku catatan yang berisi catatan utang senilai mencapai Rp33 juta, plastik yang diduga bekas sabu dan sim card. Kepala Lapas Kelas III Kota Banjar Kadek Anton Budiharta mengaku, prihatin dan tidak menyangka masih ada pengguna narkoba di dalam Lapas.

Namun, sudah terbukti ternyata masih ada warga binaan yang secara sembunyi-sembunyi menggunakan narkoba. Lapas juga berterima kasih kepada jajaran Polres Banjar yang telah bekerjasama melaksanakan pemeriksaan narkoba tersebut.

Kata dia, keempat warga binaan yang positif menggunakan narkoba diduga jenis sabu tersebut akan mendapat sanksi tegas dan tercatat dalam buku register F. “Bagi warga binaan yang terbukti menggunakan narkoba secara hukum diserahkan ke pihak kepolisian. Tetapi secara internal ada aturan tersendiri dimana warga binaan yang kedapatan menggunakan narkoba akan diberi sanksi berat termasuk dimasukan ke dalam sel khusus,” jelasnya.

Lebih lanjut, kegiatan pemeriksan narkoba tersebut akan dilakukan secara berkesinambungan di Lapas Banjar. Agar bersih dari peredaran narkoba dan bersih dari benda-benda lainnya yang dilarang. Ke depan pihaknya akan rutin merazia ke dalam sel tahanan bukan hanya di blok narkoba juga di blok lainnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Usep Supiyan mengatakan, kegiatan razia tersebut dilakukan sesuai dengan perintah atasan untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di dalam Lapas. Lebih lanjut terhadap 4 warga binaan Lapas yang terindikasi positif diduga mengonsumsi narkoba akan dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut guna pengungkapan jaringan lainnya.

dadang hermansyah

Berita Lainnya...