Edisi 05-11-2016
Ngemil Sehat dengan Mix Raw


Gaya hidup sehat memang terkadang dianggap berat oleh sebagian orang. Namun kini gaya hidup sehat menjadi lebih mudah diterapkan dengan berbagai inovasi yang ditemukan.

Termasuk soal konsumsi makanan sehat seperti snack mix raw. Mix rawyang mengombinasikan buah kering, kacangkacangan, dan biji-bijian ini termasuk salah satu makanan yang sehat karena semua vitamin dan nutrisinya diyakini masih utuh saat dimakan. Mix raw yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat umumnya hanya yang dikeringkan saja.

Tapi, rupanya untuk mendapatkan fungsi dan manfaat maksimal, Anda pun bisa mencicipi snack raw activated yang menjadi andalan My Mooi. Menurut sang empunya Citra, camilan tersebut tidak hanya sehat karena kandungan raw-nya saja, tetapi juga dihidrasi dengan suatu mesin tertentu yang bernama dehidrator.

Mesin ini berfungsi untuk memaksimalkan aktivasi enzim dan nutrisi yang terkandung dalam raw, serta membuang enzim tidak bermanfaat dalam raw. Sehingga ketika seseorang mengonsumsi rawtersebut sudah utuh manfaatnya. “Keistimewaannya lagi, dengan rawyang di hidrating ini, kita tidak perlu memakai pengawet buatan yang food grade seperti silica gel.

Karena mesin ini juga membantu raw untuk menghasilkan pengawet alami yang bisa tahan hingga 2 tahun,” ujarnya. Ada beberapa raw yang diraciknya, mulai dari mix raisin, mix muesli, raw almond, mix dried fruit, dan mix raw. Dari beberapa macam rawdi atas, tentu memiliki manfaat tersendiri. Semua itu tergantung dari komposisi kandungan raw-nya. Misalkan saja untuk raw mix raisin.

Menurut Citra, dengan campuran kismis tertentu yang sudah dihidrasi, akan bermanfaat bagi tubuh kita, seperti menyehatkan gigi, menyembuhkan sembelit, mengobati anemia, mencegah kanker, kaya akan serat yang baik untuk memperlancar pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

“Dalam satu racikan rawitu ada yang benar-benar fullsatu produk misal almond saja. Namun ada juga yang di-mix dengan varian rawlainnya hingga 10 jenis seperti mix raw. Semua punya manfaat tersendiri,” papar Citra Untuk rasanya sendiri, menurutnya, sangat beraneka ragam.

Dalam membuat rasa, Citra mencoba menyeimbangkan rasa dengan meracik komposisi raw. Dari beberapa rawyang disediakan ada yang memiliki rasa plainatau tawar, asam, manis, atau asin. Kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai rasa asam dan manis. Untuk itu dia mencoba menyeimbang rasa tersebut agar sesuai selera.

Tak hanya bisa dimakan secara mentah saja, raw juga bisa dikonsumsi dengan cara mengolaborasikan dengan yogurt, roti, dan selai, buahbuahan lain,dan beragam cara makan lainnya. “Rawitu bukan makanan diet, namun lebih pada camilan sehat. Jika salah satu efeknya terjadi penurunan berat badan maka itu adalah bonus,” pungkasnya.

anne rufaidah

Berita Lainnya...