Edisi 05-11-2016
Panitia Pemilihan Cawabup Kuningan Siap Bekerja


KUNINGAN – Panitia pemilihan (panlih) calon wakil bupati (cawabup) Kuningan telah terbentuk dan siap bekerja untuk memilih calon pendamping Bupati Kuningan Acep Purnama di sisa masa jabatannya.

Pembentukan panlih telah dilakukan DPRD Kuningan. Sebanyak 17 orang yang merupakan perwakilan dari fraksifraksi di DPRD Kuningan pun telah terpilih menjadi anggota panlih tersebut. Pelaksana harian (Plh) Panlih Cawabup Kuningan Nuzul Rachdi menjelaskan, pembentukan panlih merupakan tindak lanjut usulan bakal cawabup Kuningan yang dilayangkan Bupati Kuningan Acep Purnama kepada DPRD Kuningan, beberapa waktu lalu.

“Panlih sudah terbentuk dan beranggotakan sebanyak 17 orang, empat orang pimpinan dan 13 anggota. Semua adalah perwakilan dari fraksi-fraksi yang ada di DPRD. Tahapan pelaksanaan juga sudah mulai dilaksanakan,” terangnya, kemarin. Nuzulrahdi menuturkan, pembentukan panlih tersebut juga sudah didahului kesepakatan dari partai pengusung.

“Dan dari pembentukan panlih dihasilkan beberapa tahapan, salah satunya rapat paripurna. Dalam rapat paripurna diumumkan usulan bupati tentang calon bupati sisa masa jabatan dan penetapan panlih,” terangnya. Pada Senin (8/11) nanti, lanjut Nuzulrahdi, panlih akan membuka pendaftaran cawabup Kuningan dimana artai pengusung akan mendaftarkan resmi cawabupnya.

“Nantinya Parpol pengusung harus mendaftarkan Cawabup secara resmi, lengkap dengan persyaratan administrasinya,” ujar Nuzulrahdi. Setelah pendaftaran, panlih akan melakukan verifikasi berkas dan parpol pengusungnya. “Setelah proses itu selesai, pada tanggal 14 November 2016 baru akan dilakukan pemilihan. Dan hasilnya akan diusulkan kepada gubernur Jabar dan Kemendagri,” tandasnya.

yudi r sudirman

Berita Lainnya...