Edisi 05-11-2016
Semangat Memetik Poin, Persib Siap Libas Persija


BANDUNG - Laga sarat gengsi akan tersaji dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A pekan ke-27. Dua tim besar Tanah Air, Persib Bandung dan Persija Jakarta akan bertemu di Stadion Manahan Solo, Jateng, pukul 18.30 WIB, malam ini.

Pertandingan nanti malam tentu akan menampilkan permainan ketat. Aroma persaingan antar keduanya pun, disadari sepenuhnya oleh juru taktik Maung Bandung, Djajang ‘Djanur’ Nurjaman. Pelatih Persib Bandung Djajang “Djanur” Nurjaman mengatakan, sejak era perserikatan, kedua tim sudah memiliki persaingan yang cukup ketat.

“Ini laga klasik yang sangat dinanti. Tak hanya ke-bagi ke- 2 tim, tetapi juga masyarakat sepakbola Indonesia. Pasalnya, rivalitas kami sudah terjadi sejak era Perserikatan dan tetap bertahan serta eksis hingga saat ini,” kata Djanur, dalam sesi jumpa media, kemarin.

Di tengah persaingan yang ada, Djanur menilai, seiring berjalannya waktu, Macan Kemayoran mulai menunjukan kualitasnya sebagai tim besar di Tanah Air. Kualitas Bambang Pamunkas dkk semakin meningkat, seiring dengan datangnya M Zein Alhadad sebagai juru taktik tim dari Ibu Kota itu.

“Kami tahu, Persija Jakarta sejak diarsiteki M Zein Alhadad menunjukkan progres yang positif. Jadi, wajib bagi kami untuk mewaspadai mereka,” jelas dia. Absennya sejumlah pemain inti, kata dia, tidak akan telalu berpengaruh terhadap menurunnya kualitas calon lawannya itu. Hasil imbang yang dipetik timnya pada putaran pertama lalu, cukup menjadi acuan bagi Djaniur dalam meramu strategi anak asuhnya.

“Absennya sejumlah pemain mereka pun tidak membuat kami memandang skuat mereka keropos. Sebab, di pertemuan pertama yang berlangsung di markas kami saja mereka mampu tampil luar biasa. Padahal, saat itu mereka tengah dilanda tren buruk. Persija Jakarta adalah tim yang kuat dan bisa menyulitkan kami,” ungkap pelatih asal Majalengka itu.

Namun demikian, sanjungan yang diberikan kepada calon lawannya itu, tidak lantas diartikan timnya akan menyerah. Dengan semangat mampu memetik poin, Djanur optimistis pemainnya bisa maladeni permianan tuan rumah. “Jujur, kami butuh poin dan bertekad untuk bisa meraih 3 poin.

Laga kontra Persija Jakarta sendiri pasti berlangsung ketat,” tegas dia. Semangat memetik kemenangan pun ditunjukan oleh geladang mereka, Taufiq. Guna bisa memperbaiki peringkat di klasemen sementara, pemilik nomor punggung 8 itu berjanji akan bermain semaksimal mungkin, guna bisa membawa hasil maksimal dari tuan rumah.

“Kami sudah sangat siap dan tidak sabar melakoni laga lawan Persija Jakarta. Motivasi kami tinggi dan kami akan berjuang keras sepanjang 90 menit waktu permainan normal demi meraih poin penuh,” jelas dia. Di tim lawan, pelatih Persija Jakarta, M. Zein Alhadad tidak mau menanggung malu di depan pendukungnya sendiri.

Meskipun mengakui Persib merupakan salah satu tim solid, namun dia menegaskan poin penuh mutlak harus dipetik timnya. “Ini adalah laga yang dinantikan. Kedua tim sama-sama bagus. Kami sebagai tim tuan rumah, tentu bertekad untuk keluar sebagai pemenang kendati Persib Bandung secara tim dan sosok pelatihnya memiliki kualitas yang bagus,” jelas dia.

Dia mengaku, sejumlah persiapan sudah dilakukan timnya, guna menghadapi big match itu. Bahkan, guna memaksimalkan persiapan, timnya rela tidak pulang ke Jakarta, setelah menjamu Pusamania Borneo FC (PBFC), pekan lalu. “Usai melakoni laga lawan PB FC, kami memang tidak pulang ke Jakarta.

Salah satu alasannya, kami berusaha memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja lini belakang,” jelas dia Semangat berapi-api juga ditunjukan oleh penjaga gawang mereka, Daryono. Rivalitas yang terjadi di tataran suporter ke dua tim, diakui dia, akan menjadi motivasi tersendiri bagi timnya untuk bisa mempersembahkan hasil terbaik.

“Soal rivalitas kami dengan Persib Bandung, tentu hal yang menarik. Terutama di level suporter yang membuat kami, pemain di lapangan, juga ikut termotivasi untuk bisa menjaga harga diri kami. Terkait kesiapan secara individu, saya sudah siap. Tetapi, dalam tim kami pemain yang berada dalam kondisi paling siaplah yang akan main. Persib Bandung memiliki barisan penyerang yang berkualitas,” beber dia.

inin nastain

Berita Lainnya...