Edisi 05-11-2016
Tim Kampanye Diminta Turunkan APK


CIMAHI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cimahi meminta masing-masing tim kampanye pasangan calon menurunkan alat peraga kampanye (APK).

Panwaslu memberikan waktu tujuh hari ke depan untuk membereskan berbagai atribut yang sudah dipasang jauh sebelum masuk tahapan kampanye. “Ini sudah dibahas dalam rapat bersama ketiga tim sukses pasangan calon, KPU Kota Cimahi, Satpol PP, Dispenda, Kantor Lingkungan Hidup, serta kepolisian,” ucap Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Panwaslu Kota Cimahi Yus Sutaryadi.

Yus melanjutkan, dalam rapat koordinasi tersebut, semua tim kampanye bersedia menurunkan berbagai atribut sosialisasi pasangan calon. Yus akan dilihat, apakah mereka memenuhi kesepakatan atau tidak. “Kalau dalam batas waktu ditentukan belum juga diturunkan, akan diberikan surat teguran,” ujarnya.

Selain pemberian surat teguran, Yus menegaskan, akan melakukan tindakan penurunan atribut-atribut APK dengan menggandeng Satpol PP Kota Cimahi. Nantinya, bila hingga batas waktu tak juga dicopot, maka kewenangannya sudah ada di pihak Satpol PP.

“Akan kami pantau, apa mereka benarbenar menurunkan atau tidak, kalau tidak terpaksa diturunkan Satpol PP,” tegasnya. Dilain pihak, Kepala Seksi Dalops Satpol PP Kota Cimahi Uus Saepudin menyatakan, dalam penertiban APK yang mereka pasang, Satpol PP akan dilibatkan untuk menertibkan. Apalagi APK yang dipasang di tempat-tempat yang melangar aturan.

“Dalam hal ini Satpol PP turut melakukan pengawasan dalam penertiban APK,” tuturnya. Uus menegaskan, setiap APK yang dipasang jauhjauh hari sebelum memasuki tahapan pilkada merupakan kewenanan Satpol PP.

raden bagja mulyana

Berita Lainnya...