Edisi 05-11-2016
Ipda Aldo Negatif Narkoba dan Alkohol


GUNUNGKIDUL– Polres Gunungkidul menyatakan pengendara sedan maut, Ipda Aldofian Paka, 23, tidak terpengaruh alkohol dan narkoba. Dalam pemeriksaan awal, Kepala Unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Gunungkidul tersebut negatif menggunakan narkoba dan alkohol.

“Kita mulai periksa kondisi fisiknya, apakah menggunakan narkoba, miras atau ada pengaruh lain. Dan hasilnya negatif,” terang Kapolres Gunungkidul AKBP Nugrah Trihadi kepada wartawan kemarin. Dijelaskannya, pemeriksaan ini sangat penting dilakukan guna mengungkap kasus kecelakaan maut di ruas jalan Wonosari- Yogya, tepatnya di Dusun Kalisuru, Putat, Patuk pada Rabu (2/11) pagi lalu.

Selain dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan juga dilakukan unit Laka dari Satlantas, dan tim dari unit provost dan pengamanan (Propam). ”Pemeriksaan urine dilakukan sampai dua kali, kita ingin kasus ini benar-benar bisa diungkap penyebabnya. Namun memang semua hasilnya negatif,” bebernya.

Dia berharap, semua pihak dan masyarakat bisa memahami proses pemeriksaan yang sedang berlangsung. Dia menjamin kasus ini tetap akan disampaikan ke publik, termasuk kronologis secara jelas yang terjadi saat kecelakan tersebut.

Ketika disinggung mengenai rekaman video yang diketahui ada lemparan benda mencurigakan warna putih usia kejadian tabrakan, Nugrah mengaku telah menelusurinya. Benda tersebut, kata dia, merupakan tisu yang digunakan oleh Aldo untuk membersihkan mukanya dan melemparnya ke samping.

”Sedangkan benda kedua kan ada juga. Itu adalah kaos dia, karena kotor dilempar juga,” imbuh Nugrah. Sementara itu, Panit Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino, mengatakan, untuk penetapan status dari Aldo, pihaknya masih harus melihat hasil dari pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik.

“Tim bisa jadi juga akan melakukan reka ulang untuk pengungkapan. Namun, kalau penyidik sudah mendapatkan petunjuk yang cukup kuat saat kejadian perkara, tidak akan dilakukan reka ulang. Jadi kita harus menunggu hasil pemeriksaan,” ujarnya.

Suharjono

Berita Lainnya...