Edisi 05-11-2016
Membahayakan, Batu Besar Diledakkan


PURWOREJO - Sebuah batu berukuran panjang delapan meter, lebar sembilan meter, dan tinggi tiga meter diledakkan oleh para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, kemarin.

Batu berukuran besar tersebut dinilai membahayakan pengguna jalan. Batu yang tergerus air hujan dan akhirnya berada di atas tanah di Desa Gunung Condong Kecamatan Bruno, posisinya sangat rentan longsor. Sebab, di bawah batu tersebut adalah jalan desa. Kepala Seksi (Kasi) Kegawatdaruratan BPBD Sigit Ahmad Basuki menjelaskan, karena kondisi batu berada di atas jalan, dikhawatirkan jika longsor akan mengancam para pengguna jalan.

“Kami bersama warga meledakkan batu cadas itu dengan peledak dengan kekuatan ledak rendah,” kata Sigit, kemarin. Sigit menjelaskan, batu cadas tersebut sempat bergeser karena guyuran air hujan beberapa pekan lalu. BPBD sudah mencoba menggunakan cara manual dan bantuan alat berat untuk menurunkan, namun upaya itu tidak berhasil.

Kepala BPBD Purworejo Budhi Hardjono mengatakan, keputusan meledakkan batu besar tersebut sudah dengan kajian dan sudah dikoordinasikan dengan berbagai pihak. “Kami menggandeng beberapa petugas penambang asal Kebumen yang ahli dalam hal peledakan. Mereka bersama kami dan dibantu warga setempat, akhirnya berhasil meledakkan batu besar tersebut,” kata Budhi Hardjono.

Sejumlah personil polisi dan TNI ikut pengamanan mensterilisasi wilayah tersebut pada saat dilakukan peledakan. Setelah diledakkan, warga kemudian melanjutkannya dengan proses penghancuran dengan cara manual. Kapolsek Bruno AKP Mahmoyo menjelaskan, polisi harus melakukan pengamanan karena peledakan dilakukan di tepi jalan antardesa.

“Pengamanan ini harus kami lakukan agar peledakan tidak sampai melukai pengguna jalan,” kata Mahmoyo. Kepala Desa Gunung Condong Sudiyono mengatakan, jalan itu menghubungkan desanyadenganDesaCepedakBruno. “Jalan di desa kami termasuk akses utama penduduk pegunungan menuju pusat Kecamatan Bruno,” kata Sudiyono.

hery priyantono

Berita Lainnya...