Edisi 05-11-2016
Realisasi Kredit di DIY Masih Rendah


YOGYAKARTA – Perbandingan antara pengucuran kredit dengan dana pihak ketiga (DPK) yang dikumpulkan perbankan di DIY ternyata masih rendah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, ratarata loan deposit ratio (LDR) perbankan di DIY hanya 66%, jauh di bawah angka rata-rata LDR perbankan nasional yang sudah mencapai 91%. Anggota Dewan Komisioner OJK merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Firdaus Jaelani mengakui jika pengucuran kredit di Yogyakarta yang dilakukan perbankan di DIY masih harus digenjot lagi.

Sebab, angka LDR baru sekitar 66% dan jauh di bawah angka nasional 91%. Perbankan harus mencari berbagai cara agar dana yang mereka miliki atau dana yang berasal dari masyarakat bisa lebih produktif lagi. Jika sektor produktif di wilayah ini masih stagnan, maka dimungkinkan untuk mengambil strategi lain.

“Perbankan di DIY harus bisa melirik ke lembaga pembiayaan,” tuturnya. Menurut Firdaus, rendahnya LDR perbankan di DIY mungkin juga dikarenakan faktor kehati-hatian. Namun, dia membantah jika banyak dana masyarakat yang ngendon di perbankan karena tidak dikucurkan dalam bentuk kredit.

Selama ini perbankan mengalokasikan dana dari masyarakat untuk investasi seperti obligasi atau deposito ke bank lain dengan bunga yang lebih tinggi. Kendati demikian, dia tetap mendorong agar perbankan lebih banyak mengalokasikan dana pihak ketiga untuk kredit. Mereka bisa mengalokasikannya ke lembaga pembiayaan yang bersifat konsumtif.

Perbankan bisa melempar dananya ke lembaga pembiayaan yang melayani kredit konsumtif seperti kredit elektronik, sepeda motor atau bahkan mobil. Karena di samping aman, return dari dana mereka juga cepat. Sebenarnya masih banyak celah yang bisa dimanfaatkan olehperbankanuntukmelempar dana mereka.

Perbankan bisa berkolaborasi dengan pemerintah menanamkan modalnya untuk membangun infrastruktur daerah. Peluang pembangunan infrastruktur daerah masih sangat besar, terlebih akan dibangunnya bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan memicu pembangunan infrastruktur lain.

Kepala Kantor OJK DIY Fauzi Nugroho mengakui, jika LDR di Yogyakarta masih rendah. Saat ini perbankan di DIY berhasil mengumpulkan dana pihak ketiga(DPK) sebesarRp56triliun dan kredit yang dikucurkan sebesar Rp36,56 triliun.

erfanto linangkung

Berita Lainnya...