Edisi 05-11-2016
85% Warga Minum Obat Kaki Gajah


SEKAYU– Target bebas penyakit kaki gajah atau filariasis pada 2017 mendatang yang dica - nang kan Pemkab Muba, tam - pak nya berjalan cukup baik. Hin gga ta hun keempat pelaksa - naannya, 85% atau 597.637 warga Muba te lah minum obat pencegah kaki ga jah yakni Albendazole dan DEC.

“Target kita hingga 2017 se - banyak 673.580 warga yang mi - num obat tersebut,” ujar Kasi Pem berantasan Penyakit Menu - lar Dinas Kesehatan Muba, Sef - tia ni Pratita, kemarin. Jumlah tersebut, kata Sefti, dipastikan terus bertambah ka - rena program minum obat kaki gajah terus berlangsung, se - perti di pusat kesehatan masya - rakat (puskesmas) yang ada di Muba.

Se lain itu, antusias warga yang sa ngat tinggi menyebabkan pro gram tersebut berjalan de - ngan baik. “Belum seluruh data masuk ke Dinkes. Warga minum obat fila riasis yang disebar di seluruh pus tu, poskesdes dan puskesmas yang ada di Muba,” terangnya.

Bagi warga yang hendak mi - num obat filariasis dapat lang - sung datang ke tempat kesehat - an. Di mana obat filariasis yang diberikan tidak dipungut biaya apapun. “Kalau beli sendiri, harga obat filariasis itu sangat mahal. Kali ini diberikan secara gratis ke pada warga, cukup datang ke pu sat kesehatan saja,” jelasnya.

Penyakit kaki gajah ini dise - bab kan cacing filaria yang ditu - larkan oleh berbagai jenis nya - muk dan banyak terdapat di ling kungan masyarakat Muba. Di mana berdasarkan data 2015 lalu, ter dapat 14 warga di Muba yang men derita kaki gajah yang kon disinya masuk dalam tahap kronis. Adapun gejala umum penya - kit kaki gajah yakni dapat terlihat se perti membesarnya tungkai ba wah (kaki), dan kantong zakar.

Di mana penyakit tersebut banyak terjadi di daerah tropis, seperti Muba. Kepala Dinas Kesehatan Mu - ba, Taufik Rusydi menam bah - kan, agar program minum obat massal kaki gajah di tahun keem - pat ber jalan lebih baik, pihaknya juga me nurunkan tim untuk men da tangi warga yang ada di ru mah.

Kendati begitu, tidak se - luruhnya dapat mengonsumsi obat filaria sis, karena ada bebe - rapa syarat yang harus dipenuhi. Di mana ada beberapa faktor kondisi tubuh yang membuat masyarakat ter pak sa harus me - nunda konsumsi obat filariasis, di antaranya untuk ibu hamil, anak kurang dari dua tahun, pen derita penyakit kronis, pen - derita darah tinggi dan usia di atas 70 tahun.

amarullah diansyah

Berita Lainnya...