Edisi 05-11-2016
Banggar dan TAPD Sepakati KUA dan PPS Rp7,8 Triliun


PALEMBANG - Badan Ang - garan (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sumsel, me - nye pakati hasil pembahasan terhadap Kebijakan Umum APBD (KUA), serta Prioritas dan Plafon Anggaran Semen tara (PPAS) senilaiRp7,8tri liunlebih.

Kesepakatan antara Bang - gar DPRD dan TAPD Sumsel tersebut ditandai dengan pe - nandatangan nota kese pa ka - tan bersama, antara Pimpinan DPRD Sumsel dan Gubernur Sumsel, terhadap KUA, serta PPAS APBD Sumsel Tahun Ang garan (TA) 2017. Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas kepada wartawan mengatakan, KUA dan plafon anggaran menin g - kat 6,6% dari APBDP 2016.

“Dari hasil pembahasan terhadap KUA dan PPAS APBD Sum - sel Tahun Anggaran 2017, an - tara Banggar DPRD Sumsel dan TAPD Sumsel disepakati sejumlah Rp 7.89 9. 161 .790 - .677. mengalami peningkatan sejumlah R p 489. 256 .657. - 935, 84 atau naik 6,6% dari APBD Perubahan Tahun Angga ran 2016, yang telah dite tap - kan sejumlah Rp7. 409 .905 . - 132.741,16,” ungkap Giri.

Giri menjelaskan, ber da - sarkan Permendagri No 31 - /2016 tentang Pedoman Pe - nyu sunan APBD Tahun Ang ga - ran 2017, penyusunan APBD TA 2017 didasarkan pada prinsip, yakni sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah; tertib, taat pada ketentuan pe - raturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, ber - tang gungjawabdenganmem per - hatikan rasa keadilan, kepatutan danmanfaatuntukmasyarakat.

“Kemudian tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangundangan. Transparansi, un - tuk memudahkan masya rakat mengetahui dan men dap a t - kan akses informasi seluasluasnya tentang APBD; par ti - sipatif, dengan melihatkan masyarakat; serta tidak ber te - nangan dengan kep entingan umum, perundang-undangan yang lebih tinggi dan peraturan daerah lainnya,” jelasnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menyampaikan peng - ha rgaan dan ucapan terima kasih kepada DPRD Sumsel. Khususnya ketua dan para anggota Banggar, serta TAPD Sumsel yang telah bekerja sa - ma dengan baik, dan bekerja keras untuk menyelesaikan pembahasan dan penelitian terhadap Rancangan KUA, serta PPAS APBD Provinsi Sumsel TA 2017.

“Pada situasi dan kondisi keuangan negara yang ter - batas, termasuk kondisi ke - uangan Provinsi Sumsel yang amat terbatas, memerlukan kecermatan dalam penentuan skala prioritas anggaran, se - suai dengan arahan bapak Pre - siden RI yakni anggaran keuangan mengikuti program prioritas,” kata dia singkat.

muhammad uzair

Berita Lainnya...