Edisi 27-11-2016
Gurih, Pedas, Asin Olahan Ubi Cilembu


Ubi cilembu dikenal memiliki rasa yang legit. Tekstur ubinya lembut dan empuk setelah dikukus. Rasanya sangat manis, tapi kadar gulanya rendah. Di tangan orang-orang kreatif Bandung, ubi cilembu disulap menjadi berbagai olahan menarik.

Di Blackbone Cafe, ubi cilembu disajikan bersama jenis makanan lain. Menu andalan di tempat ini adalah sweet potatoes bolognaise. Jika umumnya ubi cilembu disandingkan dengan minuman atau makanan manis lain, tapi di Blackbone ubi cilembu dipadukan dengan daging bolognaise yang lazim digunakan pada pasta.

Roti puff pastry yang dibuat berbentuk mangkuk ini pada bagian isinya diberi saus bolognaise yang gurih dan sweet potatoes. Untuk menambah kelezatan, sajian ini ditaburi keju mozzarella yang kemudian dipanggang selama lima menit. “Meski dipadukan dengan saus bolognaise yang gurih, pada campuran isiannya itu kami juga memberikan potongan ubi cilembu yang sudah disatukan.

Rasa manis khas ubi cilembu tetap terasa, dan berpadu dengan rasa gurih secara bersamaan,” tutur Head Cook Blackbone Cafe Iwan Kurniawan. Sajian gurih lain yang terbuat dari ubi cilembu yakni sweet potatoes beef. Ubi cilembu yang sudah dikukus dan ditumbuk kemudian dicampur dengan wortel, bawang putih, dan daging cincang. Setelah itu digoreng layaknya kroket dan disajikan dalam keadaan hangat.

Meski demikian, rasa manis dari ubi cilembu tetap terasa dan yang unik adalah dikolaborasikan dengan daging cincang. Nah, kalau Anda ingin mencicipi menu olahan ubi cilembu, tapi rasanya pedas, Anda bisa memesan menu baked spicy sweet potatoes. Pada menu ini, ubi cilembu dengan berat sekitar 150 gram dipanggang bersamaan dengan kulitnya.

Ketika dirasa sudah cukup empuk, dibukalah bagian atas ubi serta diberikan spicy caramel yang rasanya pedas, manis, dan gurih. “Untuk membuat spicy caramel-nya, kami memakai bahan dasar berupa bawang putih dan cabai merah. Di situlah rasa manis dan pedas dipadukan,” jelas Iwan. Usai menyantap sajian serbagurih yang terbuat dari ubi cilembu, Anda tetap bisa menikmati kelegitan ubi satu ini dengan varian menu ubi cilembu yang manis seperti sweet potatoes pie .

Rasa pie yang manis sudah pasti berasal dari adonan ubi cilembu yang kemudian ditambahkan telur, cooking cream, dan sirup hazelnut. Aroma wangi ubi cilembu yang khas menyatu dengan aroma hazelnut. Sajian pie ini dipercantik dengan taburan choco chips, potongan kacang almond, serta taburan kismis.

“Selain pie, kami juga mengolah aneka menu berbahan dasar ubi cilembu seperti menu sweet potatoes puff dan mengolaborasikan rasa legit ubi cilembu dengan cokelat pada menu sweet potatoes choco ball,” sebut Iwan. Ragam olahan ubi cilembu ini sangat cocok jika Anda santap bersamaan dengan aneka teh premium yang juga menyehatkan dan tersedia di tempat ini pula. Selamat mencicipi!

anne rufaidah