Edisi 27-11-2016
Menangkap Atmosfer Lapangan Hijau


Sepak bola tak hanya menarik untuk ditonton, tetapi juga sangat menantang untuk dijadikan objek foto, tak terkecuali beragam momen di luar lapangan.

Penggemar sepak bola Tanah Air kini tengah dilanda semangat luar biasa. Kemenangan timnas Indonesia atas Singapura masih terus dibicarakan dalam banyak kesempatan. Keberhasilan timnas melaju ke semifinal Piala AFF 2016 menjadi satu keberhasilan yang sangat diharapkan. Terlebih karena satu partai kandang akan dilakoni di Tanah Air, yakni pada 3 Desember mendatang.

Suporter kini mulai bersiap menyaksikan laga langsung di stadion untuk menyemangati para pemain sepanjang pertandingan. Partai tersebut juga ditunggu penggemar fotografiyangtaksabaruntukmengabadikan aksi lapangan hijau hingga atmosfer nan meriah yang melingkupinya. Ratusan momen penuh aksi akan terjadi dalam lapangan mulai peluit awal dibunyikan wasit hingga pertandingan berakhir.

Duel memperebutkan bola di udara, tekel keras pemain bertahan hingga aksi penjaga gawang yang terbang menangkap bola merupakan momen-momen fotografis untuk diabadikan. Namun momen menarik pada pertandingan sepak bola tak hanya berlangsung di dalam lapangan. Tribun penonton hingga areal luar stadion pun menghadirkan banyak sekali momen untuk diabadikan ke dalam foto.

Tim sepak bola bagi sebagian besar masyarakat bukan hanya tim olahraga, melainkan bentuk perwujudan kecintaan mereka terhadap suatu wilayah atau bahkan negara. Maka tak mengherankan bila beragam atribut pasti menghiasi para suporter yang menonton pertandingan untuk menyatakan kebanggaan mereka terhadap tim.

Dari sekadar baju seragam tim, ikat kepala, bendera, face painting hingga body painting digunakan. Tak hanya atribut yang dikenakan, para suporter yang terorganisasi juga memiliki yel-yel penyemangat dengan koreografi menarik dan diperagakan sepanjang pertandingan berlangsung.

Untuk mendapatkan momenmomen menarik di luar lapangan, usahakan hadir di lokasi beberapa jam sebelum dimulainya pertandingan. Tunggulah di pintu masuk utama stadion, tak lama kita akan bertemu dengan para suporter dengan dandanan dan atribut yang unik. Suporter-suporter fanatik pun kerap melakukan aksi dukungan sebelum masuk arena pertandingan untuk membangkitkan semangat para suporter lain.

Cobalah memotret misalnya beragam face painting dari suporter yang berdatangan dan menjadikannya sebagai satu kolase foto. Tak usah sungkan untukmemotret, banyaksuportersepak bola justru merasa senang jika diabadikan para fotografer. Setelah mengabadikan keunikan dari suporter yang berdatangan, kini saatnya kita memotret aksi para suporter di dalam stadion.

Sebelum pertandingan dimulai, mereka kerap bersama menyanyikan mars kebanggaan klub atau lagu kebangsaan Indonesia Raya jika kita memotret pada pertandingan timnas Indonesia. Saat lagu dinyanyikan, seluruh suporter dalam stadion akan berdiri dan membentangkan syal panjang bertuliskan nama dan logo klub. Momen ini sangatlah istimewa untuk diabadikan, pola bentangan syal dari seluruh suporter akan menjadi foto yang sangat baik, terutama jika kita menggunakan lensa tele.

Penggunaan lensa tele akan membuat pola bentangan lebih kentara dan komposisi akan terlihat sangat padat. Tempat terbaikuntukmemotretpertandingan sepak bola tentu saja ada di areal pinggir lapangan. Namun pada pertandingan resmi, areal tersebut hanya diperuntukkan bagi wartawan foto dan panitiapertandingan.

Bukanberartikita tidak bisa memotret dengan baik di luar lokasi itu. Usahakan memotret pada deretan terbawah tribun agar bisa leluasa mencari komposisi yang baik untuk membidik ke deretan bangku penonton atas dan juga pandangan yang bebas ke tengah lapangan. Jika tidak berada di tempat yang dekat dengan lapangan, alihkan objek foto.

Jarak yang jauh dengan objek membuatnya sulit untuk diabadikan terlebih jika tidak menggunakan peralatan profesional seperti lensa tele. Maksimalkan kamera yang kita gunakan, jangan terlalu berkonsentrasi ke arah lapangan, usahakan mencari objek-objek unik yang berada di tribun penonton.

Momen lain yang harus ditunggu adalah saat pemain tim kesayangan mereka berhasil membobol gawang lawan. Raut muka nan ekspresif dari para suporter yang bergembira sangatlah berharga sebagai objek foto yang baik. Berbeda dengan memotret aksi di lapangan, memotretsisilainpertandingan sepakbolajugatakterlalumembutuhkan perangkat fotografi yang rumit.

Tak perlu lensa tele nan panjang dan kamera level high end dengan performa serta fitur continous shoot yang tinggi. Kamera compact atau bahkan kamera smartphone pun bisa kita pergunakan. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah kejelian untuk mencari objek dan memotretnya pada waktu yang tepat. Hal terakhir untuk dicatat, jangan lupa tujuanutamakitakestadion, nikmatilah jalannya pertandingan.

arie yudhistira