Edisi 27-11-2016
Mengganti Langit Kusam dalam Foto


Lanskap indah dari suatu tempat kerap terlihat kurang menarik jika langit tidak cerah, kurang mendukung. Hal itu yang membuat penggemar fotografi lanskap selalu memotret di golden hour untuk mendapatkan langit biru yang cerah demi hasil terbaik.

Namun, bagaimana dengan kita yang memiliki waktu terbatas saat mengunjungi suatu lokasi dan mendapatkannya saat langit kusam dan tidak terlihat menarik. Fitur terbaru bernama Sky Replace yang diperkenalkan aplikasi editor foto Adobe dalam perhelatan konferensi Adobe Max di Amerika Serikat awal November lalu tentu diharapkan dapat membantu untuk mengatasinya.

Sky Replace, seperti namanya, dapat secara otomatis menggantikan bagian langit yang membosankan atau overexposed dalam foto dan menggantinya dengan potongan komposisi dari foto lain. Hal tersebut sepertinya terlihat sederhana, namun banyak sekali hal yang harus dilakukan di balik layar agar hasil akhir foto terlihat serealistis mungkin.

Senior Research Scientist Adobe Sky Replace Project Xiaohui Shen menjelaskan, seperti dikutip dari digitaltrends , bahwa fitur tersebut mampu mengetahui area mana yang perlu dipertahankan dan yang perlu diganti dari suatu foto. Kemudian hal yang paling mengesankan adalah fitur tersebut tak sekadar menduplikasi area langit dari satu foto ke foto lain, namun juga menyesuaikannya dengan latar depan serta menjaga akurasi pencahayaan dan warna dari keseluruhan foto.

Namun, Shen mengonfirmasi, belum ada kepastian kapan fitur Sky Replace tersebut akan dirilis menjadi produk komersial atau sebagai versi masa depan dari aplikasi ternama Photoshop. Penggemar fotografi yang juga senang melakukan rekayasa foto tentu mesti harus bersabar untuk menikmatinya.

(arie yudhistira)