Edisi 27-11-2016
Lini Belakang The Citizens Rapuh


BURNLEY – Kemenangan Manchester City (Man City) atas Burnley dalam lanjutan Liga Primer di Turf Moor, Inggris, kemarin menyisakan sorotan negatif. Hasil 2-1 dianggap tak cukup bagus karena diperoleh dengan susah payah.

Lebih dari itu, lini belakang The Citizens terlihat begitu rapuh. Keroposnya benteng pertahananManCityterbuktidari lesakan gol tuan rumah pada menit ke-14. Dean Marney sukses membuat pasukan ”Manchester Biru” terhenyak. Namun mental sebagai tim besar menolong mereka. The Citizens akhirnya bangkit dan mulai menemukan ritme permainan.

Hasilnya, Man City mampu membalikkan keadaan berkat dua gol Sergio Aguero (37 dan 60). Kemenangan itu membuat The Citizens terus menjaga asa menjuarai Liga Primer musim ini. Terlepas dari keberhasilan membawa pulang tiga poin atas Burnley, Pelatih Man City Pep Guardiola menyadari masih punya pekerjaan rumah penting, yakni membenahi lini pertahanan.

Pekerjaan itu terhitung berat karena palang pintu mereka yang juga kapten tim Vincent Kompany kerap masuk ruang perawatan. Setelah menjalani pemeriksaan di bawah pengawasan dr Ramon Cugat di Barcelona , Spanyol, bek asal Belgia tersebut diperkirakan harus absen cukup lama.

”Dokter Cugat mengonfirmasi seperti yang dikatakan dokter tim kami di sini. Kompany mengalami kerusakan pada medial ligamen kaki kanannya. Dia akan beristirahat selama enam pekan,” kata Guardiola. Lini pertahanan The Citizens sebelumnya juga terlihat kurang meyakinkan saat ditahan 1-1 Borussia Muenchengladbach di penyisihan grup Liga Champions, Rabu (23/ 11).

Meski melaju ke babak knockout Liga Champions, Man City memperpanjang catatan buruk. Mereka gagal melakukan clean sheet pada 10 laga tandang di kompetisi Eropa secara beruntun. Catatan itu membuat Man City mempertimbangkan untuk memboyong bek baru pada bursa transfer Januari mendatang.

Keinginan tersebut akan diutarakan saat Presiden Man City Khaldoon al-Mubarak mengadakan pertemuan dengandewandireksidi Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin (28/11). Keinginan Guardiola merekrutpemainbertahansejatinya bukan sesuatu yang baru. Pada bursa transfer musim panas lalu, mantan Pelatih Bayern Muenchen ini sebenarnya menginginkan dua bek.

Tapi Man City cuma mulus mendapatkan John Stones dari Everton senilai 47,5 juta poundsterling. Praktis dengan absennya Kompany, hanya Stones dan Nicolas Otomendi yang berposisi sebagai bek tengah murni. AdapunpenampilanAlexandar Kolarov masih naik-turun. Beberapa nama pun digadang- gadang untuk segera merapat ke Etihad Stadium.

The Citizens dikabarkan belum menyerah untuk mendapatkan tanda tangan Leonardo Bonucci dari Juventus. ManCityjugatertarik mendatangkan pilar Athletic Bilbao, Aymeric Laporte. Sembari menunggu kedatangan bek baru, Guardiola tampaknya akan memaksimalkan skuad yang dimilikinya. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Yaya Toure.

”Memainkan Yaya sebagai bek? Itu bisa saja terjadi. Tapi k a m i memiliki beberapa opsi lain yang cukup bagus. Saya pikir Bacary Sagna dan Fernandinho juga bisa mengemban tugas itu,” sambungnya. Sementara itu di kubu Burnley, kekalahan di Turf Moor mengakhiri catatan apik mereka yang sempat tak terkalahkan dari Man City pada dua pertemuan terdahulu. Torehan negatif mereka juga berlanjut karena skuad besutan Sean Dyche ini belum juga menang di dua laga terakhir Liga Primer musim ini.

alimansyah