Edisi 16-12-2016
Kado Pernikahan Berupa 90 Rumah untuk Warga Miskin


Segala sesuatunya dalam menjalani kehidupan harus didasari keseimbangan. Pengusaha kaya raya asal India, Ajay Majoj Munot, memberikan 90 rumah secara gratis kepada kaum kurang mampu sebagai hadiah untuk pesta pernikahan putrinya, Shreya. Ajay yang memiliki perusahaan konstruksi itu mengaku mendapatkan ide tersebut dari saran warga lokal. Pengusaha yang tinggal di wilayah Aurangbad, Lasur, India itu pun setuju dengan ide tersebut.

Hadiah ini tentu sangat istimewa karena menjadi berkah bagi warga tak mampu yang tinggal di lingkungan kumuh. Ajay menilai berkah ini tidak bisa dibeli dengan uang. ”Biasanya orang menghabiskan banyak uang untuk pesta pernikahan. Namun, kita juga harus memberi uluran tangan bagi yang membutuhkan. Bahkan, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mengimbau seluruh warga yang mampu untuk berkontribusi kepada masyarakat,” papar Ajay, dikutip News World India .

Kini 40 keluarga telah menempati rumah yang diberikan Ajay, sementara warga lainnya diharapkan segera mengisi rumah yang masih tersedia. Shab Ali Shaikh, ibu rumah tangga yang beruntung ini mengatakan kini dia dan keluarganya dapat hidup layak dengan memiliki akses air bersih dan listrik. Shaikh mengatakan, dia hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga bagi empat keluarga.

Sekarang dia tak perlu khawatir lagi dengan kebutuhan air bersih dan listrik untuk keluarganya sendiri. Dia juga tak lagi harus memiliki biaya sewa bulanan yang selama ini menjadi beban berat baginya. Aksi donasi ini mendapat banyak pujian dan berkah setimpal dengan kebahagiaan yang dirasakan para penghuninya. ”Saya tegaskan bahwa yang saya lakukan bukanlah aksi pamer layaknya pernikahan mewah di hotel berbintang. Penghematan hampir 10 juta rupee, dapat memberi manfaat untuk pendanaan pembangunan 90 unit rumah,” ungkap Ajay dikutip TheQuint .

Dia memutuskan membangun 90 rumah pada pekan pertama Oktober. Seluruh pembangunan puluhan rumah itu diselesaikan dalam waktu dua bulan.

Arvin