Edisi 16-12-2016
Kebiasaan Inspiratif Miliarder Dunia


Kebiasaan sehari-hari menentukan seberapa sukses atau gagal Anda dalam kehidupan. Demikian ungkapan Thomas C. Corley, seorang peneliti yang menghabiskan waktu lima tahun untuk meneliti kebiasaan sehari-hari 177 orang-orang kaya di dunia.

Berikut 10 kebiasaan sehari-hari orang-orang tajir tersebut.

1. Rajin membaca
Mereka orang-orang sukses, lebih memilih untuk belajar yakni dengan membaca buku atau paling tidak membaca artikel daripada mencari hiburan seperti nonton TV maupun bermain game. 88% orang kaya menyempatkan waktu 30 menit atau lebih setiap hari untuk mengembangkan diri dengan membaca, untuk menambah wawasan pengetahuan.

2. Berolahraga
Sekitar 76% orang sukses melakukan latihan aerobik selama 30 menit aatau lebih setiap hari. Latihan aerobik meliputi cardio, seperti lari, jogging, berjalan, atau bersepeda. Ternyata, cardio tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk otak kita dan membuat otak jadi lebih pintar.

3. Bergaul dengan orang-orang sukses lainnya
Bagi para miliarder, pertemanan ternyata memiliki pengaruh terhadap pendapatan netto mereka. Penelitian Thomas C. Corley menemukan bahwa para miliarder menghindari satu tipe pribadi yaitu, orang pesimis. Orang-orang kaya selalu mencari individu-individu yang berorientasi pada tujuan, optimistis, antusias, dan yang memiliki pandangan positif secara keseluruhan. Sekitar 86% miliarder membuat kebiasaan bergaul dengan orang-orang sukses lainnya.

4. Mengejar tujuan mereka sendiri
Mengejar mimpi dan meraih tujuan akan membuat hidup seseorang bahagia dalam jangka panjang dan kebahagiaan itu termasuk salah satu kekayaan terbesar. Sayangnya, banyak orang yang membuat kesalahan dengan mengejar mimpi orang lain, misalnya keinginan orang tua. Sebaiknya kamu harus memilih tujuan sesuai passion kamu.

5. Bangun pagi
Faktanya hampir 50% dari miliarder terbangun, setidaknya tiga jam sebelum jam kerja mereka benar-benar dimulai. Ini adalah strategi untuk menghadapi gangguan sehari-hari yang tak terelakkan, seperti jalanan macet, harus meeting secara mendadak, atau keperluan tak terduga lainnya. Gangguan ini memiliki efek psikologis yang masuk ke alam bawah sadar dan akhirnya membentuk keyakinan bahwa kita tidak memiliki kontrol atas hidup kita. Dengan bangun lebih pagi dan mengatasi berbagai gangguan yang muncul, memungkinkan seseorang mendapatkan kembali kendali hidup dan memberi rasa percaya diri serta siap menjalani aktivitas.

6. Memiliki beberapa sumber pendapatan
Miliarder memiliki satu kebiasaan yaitu tidak pernah bergantung dari satu sumber pendapatan saja. Mereka terus mencari cara agar mampu mendapat pendapatan dari beberapa sumber yang berbeda. Banyak orang mencari uang sebagai tujuannya. Miliarder menciptakan sumber income. Mereka terbiasa berfikir keras membuat jalu pemasukan. Hasil study Corley, 95% miliarder memiliki minimal 3 sumber income.

7. Memiliki mentor
Menurut penelitian Corley, 93% miliarder memiliki mentor (panutan). Dalam studi Corley disebutkan; “menemukan seorang mentor dalam hidup adalah sesuatu yang penting untuk menjadi kaya raya,” ia akan menempatkanmu dalam jalur yang tepat. Yaitu menuju kesuksesan yang lebih cepat. Temukan mentor sesuai bidang yang kamu geluti, karena ada hal hal yang tidak dapat kamu lihat sendiri.

8. Berpikir positif
Keberhasilan jangka panjang sangat mungkin bisa raih jika seseorang itu berpikir positif. Kebiasaan positive thinking pun menjadi ciri khas dari semua miliarder. Masalahnya adalah kebanyakan orang sama sekali tidak menyadari pikiran mereka sendiri itu positif atau negatif. Kesadaran adalah kuncinya.

9. Menghabiskan waktu 15 sampai 30 menit sehari untuk berpikir
Menurut Corley, kunci kesuksesan para miliarder ternyata adalah mereka menghabiskan 15 hingga 30 menit setiap harinya hanya untuk berpikir. Orang-oramg superkaya, kata dia, cenderung berpikir dalam suasana yang sepi, terisolasi, di pagi hari, dan setidaknya selama 15 menit setiap hari. "Berpikir adalah kunci kesuksesan mereka. Mereka menghabiskan setiap hatinya berpikir tentang banyak hal," ungkap Corley.

10. Berani melawan arus
Menjadi orang super sukses berarti Anda perlu untuk mengungguli orang lain bukan? Miliarder tidak lebih baik daripada yang lain. Tapi memang mereka senang melakukan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Warren Buffett misalnya, dia mengumpulkan kekayaan dengan membeli investasi ketika orang lain ingin keluar. Dia terbukti sukses membangun sesuatu yang orang bahkan belum memikirkannya.

10 Miliarder Dunia pada 2016 Berdasarkan Aset

1. Bill Gates (AS)
2. Armancio Ortega (Spanyol)
3. Warren Buffet (AS)
4. Carlos Slim Helu (Meksiko)
5. Jeff Bezos (AS)
6.Mark Zuckerberg (AS)
7. Larry Ellison (AS)
8. Michael Bloomberg (AS)
9. David Koch (AS)
10. Charles Koch (AS)

10 Besar Orang Terkaya di Indonesia 2016
Secara total, harta 50 orang terkaya Indonesia mencapai USD 99 miliar atau setara Rp 1.337,5 triliun (USD 1=Rp 13.510), atau meningkat dari USD92 miliar tahun lalu.

1. Budi dan Michael Hartono (Grup Djarum)
2. Susilo Wonowidjojo (PT Gudang Garam)
3. Anthony Salim (Salim Group)
4. Eka Tjipta Widjaja (Grup Sinarmas)
5. Sri Prakash Lohia (Indorama)
6. Chairul Tanjung (CT Corp)
7. Boenjamin Setiawan (Kalbe Farma)
8. Tahir (Grup Mayapada)
9. Murdaya Poo (Central Cipta Murdaya Group)
10. Mochtar Riady (Lippo Group)

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Koran Sindo/Ahmad Ridwan

Berita Lainnya...