Edisi 16-12-2016
Anugerah Seputar Indonesia Penghargaan para Pejuang Negeri


JAKARTA – Tujuh orang dari berbagai kalangan berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Seputar Indonesia 2016 yang digelar tadi malam.

Para penerima penghargaan dinilai memiliki prestasi nyata dan terbukti berkontribusi besar bagi kemajuan bangsa. Pemenang dari Kategori Muda Inovatif adalah Achmad Ichsan (penggagas acara Jakcloth), Kategori Wirausaha Kreatif diraih Helianti Hilman (CEO & Founder Javara Indonesia), Kategori Pejuang Publik diberikan kepada Eni Lestari (Ketua Buruh Migran), Kategori Tokoh Pengabdian diraih Suparjo (guru bagi anak pedalaman), Kategori Bintang Arena diraih Sri Wahyuni (peraih medali perak angkatbesipada Olimpiade2016), dan Kategori Tokoh Fenomenal diraih Otto Hasibuan (pengacara Jessica Kumala Wongso).

Satu penghargaan spesial untukTokohSeputarIndonesia diberikan kepada cendekiawan Emil Salim. Para pemenang tersebut dipilih oleh deretan tim juri yaitu Rachmat Gobel (pengusaha), Mari Elka Pengestu (guru besar Universitas Indonesia) dan Chaerany Putri (pengusaha). Sri Wahyuni tak percaya bisa mendapat penghargaan ini. Prestasi yang dia raih tak lepas dari dukungan dan kepercayaan penuh masyarakat. “Piala ini aku persembahkan untuk masyarakat Indonesia dan untuk para atletagarlebihsemangat lagi dan bisa mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade yang akan datang,” ucap Sri Wahyuni dalam Malam Puncak Anugerah Seputar Indonesia 2016 yang digelar di Studio 8 MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta.

Bila melihat nomine lain, Wahyuni mengaku, sebenarnya untuk mendapat penghargaan ini sangat berat. “Apalagi aku juga baru. Ini kado terindah di tahun ini dan ke depannya aku akan lebih rajin berlatih,” katanya yakin. Otto Hasibuan, penerima penghargaan dalam kategori lain, juga tidak menyangka mendapat penghargaan. Dia merasa hal ini luar biasa karena dapat memotivasi orang lain agar berbuat baik. Otto terakhir menjadi advokat bagi Jessica Kumala Wongso, terpidana kasus kopi maut.

“Jadi, dengan saya mendapatkan piala ini saya jadi teringat klien saya, Jessica, karena kalau tidak ada kasus tersebut saya tidak akan mendapatkan piala ini,” katanya. Otto juga mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh tim yang membantu. “Mudah-mudahan dengan adanya piala ini bisa memotivasi seluruh penegak hukum di Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada RCTI yang telah membuat acara ini,” ucap Otto.

Malam puncak Anugerah Seputar Indonesia 2016 dipandu oleh newsanchor Seputar Indonesia, Tommy Tjokro dan Ayu Dewi. Acara ini juga dimeriahkan oleh artis-artis ternama seperti D’Massiv, Indah Nevertari, Monostereo, dan Ikke Nurjanah. Tahun ini Anugerah Seputar Indonesia 2016 mengangkat tema “Indonesia Bisa”. Tema tersebut diusung sebagai gagasan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang semakin berkembang belakangan ini.

Direktur Pemberitaan MNC Media, Arya Sinulingga, mengatakan, dengan tema Indonesia Bisa diharapkan Indonesia mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi dengan negara Asia Tenggara dalam bidang per-modalan, barang dan jasa, serta tenaga kerja. Menurut Arya, Indonesia memiliki pengaruh besar terhadap kondisi di ASEAN dan perlu ada yang dipersiapkan dari masyarakat Indonesia dan menjadi model bagi yang lain.

Iman firmansyah