Edisi 16-12-2016
Fachri Rela Celaka


AKTOR Fachri Albar sempat mengalami cedera saat melakukan adegan berbahaya dari atas gedung dalam film terbarunya, The Professionals. Meski begitu, dia malah mengaku happy.

Totalitas putra musisi Achmad Albar ini memang patut diacungi jempol. Adegan melompat dari atap gedung tersebut semestinya dilakukan pemeran pengganti atau stuntman . Namun, aktor yang ingin penampilannya terlihat alami itu tidak mau menggunakannya. Saat melakukan adegan berbahaya itu, dia mengalami kecelakaan. Saat melompat, diduga karena kurang tepat memosisikan diri ketika jatuh, kaki Fachri keseleo. Hebatnya, dia meminta untuk tetap melanjutkan syuting.

“Kaki sempat remuk, tapi saya happy banget main film ini. Semua adegannya menantang,” ujar Fachir seusai press screening The Professionals di XXI Plaza Senayan, minggu lalu. Meski mengalami kecelakaan, suami dari model dan aktris Renata Kusmanto ini mengaku tidak kapok melakukan adegan-adegan berbahaya di filmfilm selanjutnya dan tetap berkomitmen untuk tidak menggunakan pemeran pengganti. Sebagai aktor, dia mengaku harus bisa menjalani setiap tantangan yang dihadapi.

“Kalau yang The Professionals, untung adegannya tinggal yang gampang-gampang. Jadi meski cedera, tidak mengganggu syuting. Saya tahan saja rasa sakitnya,” ucap pria kelahiran 15 November 1981 ini. Menurut aktor berdarah Arab ini, cedera yang didapat adalah salah satu bagian dari suka duka bermain film. “Film is my life . Walaupun duka, sukanya akan timbul lagi. Itulah suka duka menjadi seorang aktor dan mau tak mau harus dijalani,” tuturnya.

Adapun menurut Arifin Putra, lawan mainnya dalam The Professionals , meli - hat Fachri sebagai aktor yang sangat perasa. “Ini pertama kali saya bersama Ai (panggilan akrab Fachri). Ternyata perasa banget orangnya, pakai perasaan banget kalau akting,” kata Arifin. Aktor berdarah Jerman dan Indo - nesia ini menilai Fachri bisa seketika menghentikan sebuah adegan jika memang merasa tidak mendapatkan “nyawa” atau feel dari adegan tersebut.

“Dia bisa berhenti di tengah adegan itu. Tapi bagusnya dia itu, selalu pengin hasil yang terbaik,” ujar mantan kekasih Tara Basro ini. Dalam film The Profes - sionals , Fachri berperan sebagai Abi, pengusaha yang dikhianati sahabatnya sendiri (diperankan oleh Arifin Putra), hingga dipenjara. Saat bebas, Abi pun berniat membuat perhitungan dengan membuat permufakatan jahat demi menjatuhkan sahabatnya itu.

Film The Pro fessionals yang diproduksi MNC Pictures merupakan film laga de ngan subgenre heist . Ini adalah film dengan tema kriminal, umumnya perampokan, yang fokusnya pada pro ses perencanaan dan eksekusi aksi krimi nal tersebut. Di Indonesia, subgenre ini baru pertama kali ada lewat film yang disutradarai Affandi Abdul Rachman ini.

“Kami ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda karena film action sudah banyak dan kali ini ingin push genre action heist yang belum ada sebelumnya,” kata Affandi. Selain Fachri Albar dan Arifin Putra, film keempat produksi MNC Pictures ini dibintangi Imelda Therinne, Richard Kyle, dan Lukman Sardi. Film ini akan tayang pada 22 Desember mendatang.

thomas manggalla