Edisi 16-12-2016
Ria Miranda Rilis Koleksi Pria


DESAINER modest wear, Ria Miranda, mempersembahkan acara tahunan, Hijup.com dan Wardah Presents The Fourth Ria Miranda Annual Trend Show 2017: Spring/Summer Preview Collection 2017 pada 9-10 Desember 2016 lalu di The Hall Senayan City, Jakarta.

Acara ini sebagai bentuk konsistensi Ria Miranda dalam mengembangkan industri mode muslim di Indonesia. “Perjalananku selama tujuh tahun di industri mode memang tidak mudah, masih terlalu dini dan jauh dari kata sukses. Tapi, aku tetap jalan terus untuk berkarya. Acara tahun ini sebagai tolok ukur dan rasa syukur perjalananku untuk saling berbagi dengan kerabat dan customer, sekaligus wujud konsistensi dan kerja sama dengan pihak lain,” ungkap Ria Miranda di Senayan City, Jakarta.

Dengan mengusung two days events , acara trend show ini diisi beragam aktivitas terkait statement apa saja yang menjadi tren pada 2017. Konsep yang diangkat adalah muslimah lifestyle, mulai beauty , ecommerce , healthy & sporty lifestyle , food & beverages , family value , musik, hingga fashion. “Saya ingin yang datang ke acara ini bisa menikmati, meskipun sudah berkeluarga. Karena itu, saya bekerja sama dengan Circle of Mom untuk membuat kids corner.

Jadi, selama fashion show, anak-anak juga beraktivitas seru,” ujar Ria. Tidak hanya acara hiburan, di trend show ini, Ria juga secara perdana merilis koleksi untuk spring/summer 2017. Dalam annual show- nya, sebanyak 44 looks terbaru dihadirkan ke lima koleksi berbeda. “Kali ini saya menghadirkan koleksi bertema Relationship.

Maksud tema ini adalah hubungan bisa dengan sesama manusia dan alam sekitar yang disebut horizontal relationship. Lalu, hubungan dengan Sang Pencipta disebut vertical relationship,” ungkap Ria. Dejavu menjadi salah satu subtema yang dihadirkan Ria dalam koleksi terbarunya kali ini. Koleksi yang sebelumnya telah dirilis pada 2013 itu kembali dihadirkan dengan penggabungan beberapa warna baru yang terlihat lebih elegan dan bersahaja.

Dominasi warna earth tone, seperti olive green, soft brown, grey, silver blue, dikombinasikan warna cerah, seperti pink, mustard yellow, salmon coral, dan pistachio. Siluetnya pun didominasi siluet lurus, seperti baju kurung yang dibuat lebih modern dan sederhana, menggambarkan sosok wanita Indonesia sesungguhnya. Di tema Principia, desainer yang memulai debutnya pada 2009 itu menggunakan motif topografi bumi dan iconic pattern khas Ria Miranda.

Koleksi yang terinspirasi dari sebuah judul buku karya Sir Isaac Newton itu dihadirkan dalam warna-warna earth tone, seperti sky blue, blue ocean, maroon , dan soft brown. Selanjutnya, berkolaborasi dengan ilustrator Cempaka Surakusumah, Ria juga merilis busana bertema Florette . “Melalui kolaborasi ini, kami ingin menampilkan bentuk lain yang merupakan penggabungan ciri khas desain Cempaka yang diinterpretasikan dalam bentuk-bentuk geometris dan dipadukan iconic pattern Ria Miranda.

Penggunaan warna ceria yang dipadukan warna pastel menghadirkan gaya busana remaja tahun 1960-an yang dibuat lebih modern,” ujar Ria. Dalam annual show ini, secara perdana Ria juga merilis busana pria yang terinspirasi dari baju tradisional Jawa bertema Mind. Looks yang lebih modern dengan cutting simpel dihadirkan dalam tone warna yang akan menjadi tren pada 2017, seperti abu, biru navy, dan khaki.

andari novianti