Edisi 16-12-2016
Tren Spider Lashes 42.7%


MATA merupakan bagian terpenting dari wajah untuk dirias. Para make up artist ternama dunia memopulerkan tampilan spider lashes atau bulu mata laba-laba.

Tampilan bulu mata ini memberikan aksentuasi tampilan mata yang terlihat unik. Awalnya tren spider lashes dipopulerkan selebriti dunia, seperti Kim Kardashian dan Kylie Jenner serta para model yang tampil di panggung fashion show rumah mode ternama. Menurut make up artist ternama, Yadim, berbeda dengan tampilan bulu mata yang setiap helainya terpisah secara rapat, spider lashes membuat bulu mata tampak sangat panjang, tapi terpisah, dengan jarak antarhelai bulu mata yang cukup lebar.

Hasilnya, tampilan bulu mata ini menyerupai bentuk kaki labalaba. “Daripada mengaplikasikan maskara dengan cara yang biasa, yaitu dari akar ke ujung, saya lebih suka menggunakan kuas maskara sepanjang ujung bulu mata, dari sisi ke sisi, dan tidak selalu melapisi setiap bulu mata sepenuhnya,” kata Yadim seperti dilansir dari vogue.co.uk. Yadim menuturkan, untuk mendapatkan tampilan bulu mata ini, langkah pertama aplikasikan maskara secara normal.

Lalu, tepuktepuk maskara pada bagian akar bulu mata. Lakukan pada bulu mata bagian atas dan bawah. Setelah maskara cukup mengering, kembali aplikasikan maskara untuk kedua kalinya. “Jangan takut berantakan, aplikasi maskara memang dimaksud untuk ketebalan bukan kerapian,” ujar Yadim. Apabila lapisan pertama sudah cukup mengering, selanjutnya aplikasikan kembali maskara, tetapi dengan kuas sudut (angle brush) ke bulu mata.

Hal ini dilakukan untuk merapikan bulu mata dan membuat jarak yang cukup lebar antarbulu mata. “Langkah terakhir yaitu bersihkan kelopak mata dengan membubuhkan foundation, “ ungkap Yadim. Karena memberikan kesan unik, tampilan spider lashes digunakan para model di peragaan busana ternama, seperti Jason Wu dan Dior Fall/Winter 2016. “Saya pikir ini yang menarik karena ini benarbenar dapat dipakai di kehidupan biasa.

Kadang-kadang di landasan kita (para make up artist ) menciptakan penampilan yang agak editorial atau avant-garde. Tapi, tampilan spider lashes sangat bersih dan segar dapat dipakai di jalan, bekerja, atau bahkan acara malam di kota,” kata Yadim.

Sementara itu, menurut make up artist senior, Peter Philips, sebelumnya bulu mata ini sempat dilihat sebagai kesalahan dalam tren kecantikan. Namun, model bulu mata itu kini disukai karena terlihat menawan. “Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa bulu mata tersebut bisa membuat mata Anda terlihat lebih besar dan tampak seperti boneka,” ujarnya.

dwi nur ratnaningsih