Edisi 16-12-2016
Budaya Indonesia di Koleksi Ghea


KOLEKSI Ghea Panggabean kini sudah tersedia di Alun-Alun Indonesia yang berada di pusat perbelanjaan Grand Indonesia.

Tidak hanya berkarya di bidang fashion , Ghea juga menghadirkan koleksi tableware yang didesain dengan inspirasi budaya Indonesia, seperti Pelangi Palembang, Romantic Peranakan, dan Songket Palembang yang menghiasi dari setiap koleksi tableware . Alun-Alun Indonesia menghadirkan koleksi Ghea Panggabean, desainer yang mengenyam pendidikan mode di London sebelum akhirnya berkarya di Indonesia sejak 1980. Keragaman budaya Indonesia adalah inspirasi terbesar dari Ghea.

Pada tahun 80-an dia bersama teman-teman desainer lainnya yang berkeinginan membuat wadah untuk profesi desainer yang ada dan diakui dengan nama Ikatan Perancang Mode Indonesia. “Perbandingan pasar fashion saat ini luar biasa meningkat dibandingkan pada tahun 80-an. Sekarang para desainer sudah dilirik beberapa department store yang ingin menghadirkan keberadaan fashion Indonesia dan membantu menjual hasil karya tersebut. Media seperti majalah juga membantu untuk perkembangan fashion ,” ujar Ghea.

Pada akhir 2016 Ghea bersama teman-teman desainer lainnya membuat acara Tren Show 2017 di Senayan City. Ghea pada show tersebut mengangkat kain antik yang tetap dirancang secara modern dengan cara dicetak dan selalu menghadirkan unsur warna gold . Pada Tren Show 2017 lalu Ghea menampilkan karya dari kain ulos Medan, jumputan Palembang, himar Bangka, dan prada Jawa yang dipadupadankan dengan bahan jersey dan beberapa aksesori seperti kalung, gelang, anting, serta pengikat kepala.

(mg5)