Edisi 16-12-2016
Eksplorasi Sweter Natal


SWETER merupakan item favorit spesial Natal. Meskipun bukan produk fashion terbaru, eksplorasi gayanya semakin beragam pada tahun ini.

Topshop, H&M, dan Zara menjadi beberapa label yang menghadirkan sweter pada musim ini.Sweter memang identik dengan nuansa lembut nan ceria. Aksen busana rajut panjang yang sering digunakan bila musim semi atau musim hujan dan warna yang lembut membuat sweter menjadi favorit pada musim autumn/winter serta musim Natal. “Sweter menjadi salah satu item fashion favorit untuk memeriahkan musim liburan kali ini,” tulis Lisa Armstrong, Fashion Director telegraph.co.uk .

Kini gaya sweter bisa lebih beraneka ragam dengan kesan playfull dan young yang dibuat beberapa label. Pembaharuan yang ditampilkan para label membuat sweter terlihat lebih muda dengan embellishment , ditambah aksesori topi benie dan sandal fringe yang santai. Bagi yang menyukai kesan santai, sweter dengan pilihan warna soft dan aksen fringe pada bagian depan bisa dipadu padan bersama skinny jeans berwarna senada sehingga memberikan kesan young .

Tetapi sebagai penyeimbang, penggunaan aksesori sepatunya akan cocok jika ditambah sandal fringe berwarna sedikit cerah. “Sweter terlihat seperti bikini, sangat menjual ketika pertama kali melihatnya. Menjelang Natal ini, banyak gaya yang dapat dihadirkan dari sweter,” ujar Gillian Brett, pengamat mode di marieclaire.co.uk .

Kemudian, bila menyukai kesan simpel dan sederhana, nada cerah atau sweter polos yang pas membentuk tubuh menjadi salah satu alternatif pilihan. Sementara pemilihan padu padan skinny jeans lipat dan sepatu sneakers dengan sapuan warna cerah akan menimbulkan nuansa ceria di dalamnya. Pemilihan siluet serta motif yang tepat menjadi salah satu solusi untuk memperlihatkan daya tarik.

Potongan yang ketat dan pas membentuk tubuh akan membuat orang yang memakainya terlihat semakin nyaman dan menarik. Selain pas di tubuh, pemilihan motif yang tidak terlalu ramai menjadi salah satu pilihan tampil chic nan feminin. Kesan glamor pun bisa didapatkan dengan padu padan sweter dan celana skinny jeans .

Padanan platform sepatu boots panjang yang menutupi sebagian celana skinny jeans sangat baik karena akan membuat kaki terlihat semakin jenjang. Aksesori pelengkap, seperti tas tangan dan topi benie, membuat tampilan tersebut semakin terlihat glamor. Hal ini layaknya tepat digunakan ketika acara formal atau hendak pergi ke tempat yang lebih mewah. “Sweter Natal bisa terlihat sangat stylish . Anda akan bisa menemukan banyak cara untuk membuat tampilan sweter semakin terlihat chic ,” tulis Barbara McMillan, kolumnis mode di marieclaire.co.uk .

Bagi pria, cobalah sweter berpalet warna cerah, seperti biru, merah, hijau, serta abu-abu. Jika lebih menyukai gaya yang sedikit formal, cobalah padu padakan kemeja dengan sweter sebagai busana tambahannya. Kesan maskulin, tetapi sedikit formal, dapat terlihat ketika menambahkan celana jins dengan aksesori sepatu boots pendek. Adapun bagi sebagian orang, sweter menjadi sebuah busana yang berfungsi menghangatkan tubuh.

Busana terkesan chic dan playfull di dalamnya. Namun, utamanya sweter memiliki sejarah yang cukup menarik. Pada 1940, perusahaan patons asal Inggris pertama kali mengeluarkan koleksi sweter tersebut. Kemudian, sweter mencapai popularitasnya pada 1650-an ketika majalah Vogue memberitakannya. Saat itulah busana ini mulai diekspor secara luas ke Amerika Serikat oleh perusahaan Co Galway.

Ada banyak motif sweter, termasuk motif abstrak, stripe , burung, hingga berbagai motif khas Natal, seperti Santa Clause, pohon Natal, hingga boneka salju. Untuk memilih sweter berwarna cerah harus disesuaikan dengan bentuk tubuh penggunanya agar terlihat lebih indah. Warna biru tua, abu-abu, dan merah cocok dipadu padan bersama aksesori dan perhiasan.

andari novianti