Edisi 16-12-2016
Halal Food Festival Siap Digelar


KORAN SINDO dan DDW COMM bekerja sama dalam menggelar ajang Jakarta Halal Food Festival (JHFF ) 2016 di pusat perbelanjaan Blok M Square Jakarta pada 17-18 Desember 2016.

Event yang pertama kalinya diadakan di Indonesia ini bertujuan lebih mempersiapkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan usaha kecil menengah (UKM) kuliner dalam menghadapi persaingan global. Perhelatan JHFF 2016 ini juga bertujuan memberikan jalur dan wadah bagi pengusaha kuliner supaya dapat mengetahui lebih jauh tentang kehalalan pangan dan mendapatkan kemudahan fasilitas dalam proses sertifikasi halal.

Acara ini digelar untuk memberikan event yang unik dan menarik yang dapat dinikmati seluruh kalangan keluarga dan masyarakat, khususnya di DKI Jakarta. Ketua Panitia JHFF 2016 Rizky Diansyah mengatakan, JHFF 2016 akan diadakan di venue outdoor (terbuka) dengan konsep bazaar makanan dan minuman. “Dalam dua hari acara, kami menargetkan lebih dari 4.000 pengunjung yang hadir, paparnya dalam jumpa pers di Gedung SINDO, Jakarta, Kamis (15/12).

Acara ini akan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Rizky mengatakan JHFF 2016 membuka kesempatan kepada UMKM dan UKM kuliner untuk ikut serta, baik yang belum tersertifikasi dan yang sudah tersertifikasi halal. “Untuk yang belum tersertifikasi, JHFF akan memfasilitasi agar mendapatkan sertifikasi halal tersebut. Dengan adanya sertifikasi halal, tentunya hal tersebut menjadi nilai tambah serta hal positif untuk UMKM dan UKM kuliner yang kini tumbuh pesat tersebut,” kata Rizky.

Sementara itu, Direktur Sales & Marketing KORAN SINDO Lia Marliana menambahkan, ajang JHFF ini sebagai bentuk dorongan kepada UMKM Indonesia agar semakin kompetitif dalam menghadapi persaingan global yang semakin memperhitungkan pentingnya gaya hidup halal. Lia menilai UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pelopor dalam menerapkan sertifikasi halal.

“JHFF akan menjadi ajang yang tepat bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk menangkap peluang bisnis halal yang terbukti semakin populer di masyarakat global. Di ajang ini pula para pelaku UMKM bisa menjalin networking dengan berbagai pihak yang memiliki kompetensi bagus untuk memperkuat daya saing mereka,” ucap Lia. Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Lukman, menyambut gembira diadakannya Halal Food Festival ini.

Dia menyebutkan, sebelumnya MUI sudah mempunyai ide membuat acara serupa dan berharap agar lebih banyak lagi tempat makan yang memiliki sertifikasi halal. “Semua produk harus bersertifikat halal. Saat ini di Jakarta hanya ada 3.000 sampai 4.000 produk yang punya sertifikat halal. Sementara di Indonesia sendiri hanya 2%, padahal Indonesia masyarakatnya mayoritas muslim. Kami harapkan dengan festival ini kita akan sering bekerja sama.

Terima kasih juga kepada KORAN SINDO yang sudah memulai program ini. Ke depannya kita akan saling mengingatkan dan meningkatkan sertifikasi halal,” ujar Lukman. Acara JHFF 2016 juga didukung penuh oleh banyak pihak.

Di antaranya MUI DKI Jakarta, LPPOM DKI, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia DKI (JPMI DKI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI, KNPI DKI, Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS), Indonesia Halal Center, Asosiasi Chef Halal, Surga Pruener, dan dihadiri beberapa komunitas halal yang ada di Indonesia, seperti Dapur Halal Community, Salimah Community, Nasyid Community, dan Komunitas Jazz Kemayoran.

Sejumlah komunitas motor pun akan turut serta di acara Halal Food Festival seperti MP3 Indonesia, Maxi Scooter Indonesia, Victory Riders Indonesia, Fire Bird Indonesia, Move Indonesia dan masih banyak lagi. Selain itu, acara JHFF 2016 akan dimeriahkan dengan berbagai macam hiburan dan talk show . Mulai musik tradisional Cilacap (calung), Jazz Gathering, Sweet Rock Memories Band , Lawas Nite, Halal Cooking Competition , Halal Cooking Demo, Nasyid Competition, dan lain-lainnya.

iman firmansyah