Edisi 16-12-2016
Memilih Warna Rambut


SETIAP perempuan akan merasa senang menampilkan warna rambut terbaru. Dengan mengeksplorasi berbagai warna rambut, perempuan juga bisa mendapatkan tampilan berbeda yang lain dari biasanya.

Eksplorasi warna-warna rambut terbaru yang unik bisa menjadi alternatif untuk penampilan pada tahun baru mendatang. Marketing Director L’Oreal Paris Ankit Porwal menyebutkan, berdasarkan survei yang dilakukan tim L’Oreal Paris Hair Colorist terhadap 106 perempuan, sebesar 63% responden mengubah warna rambut mereka untuk mengubah penampilan dan agar terlihat lebih cantik.

“Namun, masih banyak juga perempuan yang enggan mengecat rambut mereka karena berbagai alasan, termasuk khawatir warna baru rambutnya tidak sesuai untuk dirinya,”ujar Porwal, dalam rilis yang diterima KORAN SINDO. Senada dengan Porwal, menurut Product Manager Hair Category PT L’Oreal Indonesia Sheila Semira, tak sedikit perempuan yang merasa ragu untuk mengeksplorasi warna rambut karena berbagai alasan, seperti tak cocok dengan warna rambut baru yang mereka pilih, takut rambut menjadi rusak, dan tak bisa kembali normal, hingga gagal dalam pewarnaan.

Menurut Sheila, ada beberapa cara yang mudah untuk menemukan warna rambut baru yang cocok dengan diri setiap perempuan. “Warna rambut yang kita pilih berkaitan erat dengan warna kulit. Jadi, kita bisa melihat warna rambut apa yang cocok, sesuai dengan warna kulit kita. Langkah pertama adalah lihat dulu warna kulit kita itu apa,” sebut Sheila. Sheila menyebutkan, pada dasarnya warna kulit perempuan Indonesia terdiri dari empat jenis, yakni sawo matang, putih gading, putih porselen, dan kuning langsat.

Setelah tahu jenis warna kulit masingmasing, Sheila menyarankan untuk melihat warna rambut sebelum pewarnaan. “Hal ini cukup penting karena dapat menentukan hasil akhir dari warna rambut. Kombinasi antara warna dasar rambut dan warna yang akan dipilih dapat memberikan warna yang berbeda pula,” kata Sheila. Pengalaman mewarnai rambut dibagikan oleh aktris Dian Sastrowardoyo.

Dia mengaku selalu menjaga rambutnya yang berwarna hitam karena hitam adalah warna asli rambutnya dan sudah sangat sesuai untuknya. Namun, pada tahun lalu dia memberanikan diri untuk mengubah penampilannya dan membuka lembaran baru dengan mengubah warna rambutnya dari warna hitam menjadi berwarna kecokelatan. Rupanya Dian menjadi ketagihan sejak mencoba tampilan baru lewat warna rambut yang bisa mengubah kesan kepribadiannya ke tegas ataupun lembut.

“Saya senang dengan tampilan baru saya ini. Namun, hal itu saya imbangi dengan penggunaan masker rambut, kondisioner, dan sampo khusus untuk menjaga kesehatan rambut,” imbuh Dian. Sementara itu, menurut pakar rambut berwarna, Lie Kuang, yang ditemui belum lama ini, saat ini semakin banyak orang yang bisa mengekspresikan penampilannya dengan warna-warna rambut yang unik. Hal ini pun tercermin dalam tren warna rambut yang diprediksinya akan diminati pada 2017 mendatang.

Menurut dia, tren rambut tahun depan lebih ke warna beige atau seperti krem keabu-abuan dengan kecenderungan warna dingin atau pirang. “Untuk tahun depan, sepertinya kita sudah beralih ke warna-warna beige. Itu warnanya seperti blonde tapi blonde -nya tidak terlalu menguat,” ujar Lie. Untuk warna rambut terang, misalnya warna rambut pirang.

Pada tahun depan, menurut Lie, lebih “bersih” dan tidak ada warna kuningnya. Hal ini membuat warna rambut terlihat lebih natural dan tone warnanya lebih mengikuti tren fashion yang sedang berkembang. “Tren blonde beige ini terinspirasi dari fashion yang sedang berkembang. Jadi, secara total looks , kita sudah sesuaikan akan keluar seperti itu dan akan menjadi tren global,” katanya.

dwi nur ratnaningsih