Edisi 02-01-2017
Menu Unik Berbalut Telur Asin


TELUR asin atau salted ego, satu bahan makanan yang memberikan rasa gurih asin khas telur.

Kreativitas menu dengan menggunakan tambahan telur asin pun ternyata bisa menambah varian rasa lain dari pengalaman kuliner berbeda.Bila sudah terbiasa makan telur asin langsung, berbagai menu di Restoran Blacklisted ini akan memberi sensasi lain menjelajah rasa bagi pencinta kuliner. Mulai appetizer hingga dessert sebagai camilan, balutan telur asin menjadi sesuatu yang makin mengundang selera makan.

Telur asin merupakan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan, yakni diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak. Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik atau telur bebek yang memiliki cangkang biru muda. Cukup dengan teknik membalut pada bagian tepung, cita rasa gurih manis telur asin sudah dapat meleleh di rongga mulut ketika dinikmati.

KORAN SINDO pun mengawali petualangan kuliner sajian balutan telur asin dengan menu golden lava toast . Menu ini terasa akan lebih cocok dinikmati bersama secangkir kopi pada pagi hari, tetapi juga pas dinikmati pada penghujung sore dengan teh. Enak dinikmati saat masih hangat, perpaduan keju bersama telur asin di dalamnya semakin membuat lidah bergoyang.

Satu porsi rasanya pun tidak cukup, mengingat teman ngopi biasanya berselang agak lama sambil mengobrol. Masih dalam kategori camilan, ada pilihan salted egg yolk fries dan salted egg yolk cassava . Di restoran lain, kedua jenis camilan kentang dan singkong ini biasanya hanya diberi taburan keju cheedar berikut lelehan susu kental manis saja.

Tentu balutan telur asin membuat cita rasa keduanya menjadi gurih manis. Ide mengolah salad dengan telur asin yang sangat unik ketika mencoba menu salted egg tempura salad . Sebab, salad yang segar dengan paduan sayuran selada, lettuce, maupun kol merah itu dipadu metode masak ala Jepang dengan menggoreng lobak, jamur, serta paprika dengan bersama balutan telur asin.

Hasilnya, kesegaran salad ikut meleleh berkat tempura yang berbalut telur asin ini. “Untuk dressing, kami pakai summer dressing racikan sendiri dari Blacklisted. Rasanya tidak ada di tempat lain,” ungkap Diana Samuel, Distric Manager Blacklisted. Menu berbalut telur asin masih memiliki kejutan. Salted egg chicken fajita yang dihidangkan bersama salad ini sangat kaya serat.

Fajita atau kulit yang melapisi sajiannya terbuat dari gandum, di dalamnya ada remahan ayam goreng berbalut telur asin. Gigitan demi gigitan menjadi renyah kaya rasa segar karena ikut dimakan bersama sayuran. Terakhir, jangan lewatkan menu double decker chicken burger . Menjadi amat beda dengan burger biasanya, balutan telur asin yang melapisi ayam membuatnya semakin renyah.

Di dalamnya lelehan keju, potongan tomat, bawang bombay, serta sayuran lain membuat semua terasa garing renyah dalam gigitan. Memang tidak ada nasi dalam varian menu telur asin kali ini. Namun, mencoba beberapa di antaranya akan membuat kenyang perut bila Anda ikut memesan minuman kombinasi buah kaya serat, seperti strawberry honey iced tea , watermelon lychee, yuzu wonder yang perpaduan buah peach dan mint atau virgin lychee mojito sebagai kombinasi antara leci dan mint.

dyah ayu Pamela