Edisi 02-01-2017
Keunikan Masker Magnet


MAGNET ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Benda yang punya daya tarik ini digunakan dalam pemakaian masker wajah untuk mendapatkan hasil perawatan yang lebih maksimal.

Tidak mengherankan, saat ini mulai banyak label kecantikan yang menggunakan magnet dalam perawatan masker. Menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Dr Whitney Bowe, magnet sudah lama digunakan untuk mengobati luka, peradangan, dan cedera sejak berabad-abad lalu. Magnet sudah lama digunakan sebagai bagian dari terapi penyembuhan, bahkan difavoritkan Cleopatra.

“Bukan hanya membantu meringankan penyakit tertentu, magnet ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan,” ujar Dr Bowe dikutip dari dailymail.co.uk. Sementara itu, menurut direktur riset kosmetik dan dermatologi klinis di Mt Sinai Hospital di New York City, Dr Joshua Zeichner, saat ini magnet banyak dilibatkan dalam pemakaian masker wajah. Menurutnya, generasi terbaru dari masker kulit ini mengandung partikel logam seperti besi yang dapat dibersihkan dari kulit menggunakan magnet.

“Proses menerapkan magnet pada lapisan masker menciptakan arus elektromagnetik reandah yang dapat membantu meremajakan kulit selagi masker ditarik,” ungkap Dr Zeichner. Masker wajah dengan magnet sebagai alat pembersihnya telah diluncurkan beberapa label, di antaranya Dr Brandt Skincare, Milky Dress, dan Lancer Skincare. Baru-baru ini merek kecantikan ciptaan Madonna, MDNA, juga meluncurkan masker magnet bernama Chrome Clay Mask.

Dalam akun Instagram resminya, Madonna menjelaskan bahwa masker ini terbuat dari abu vulkanik yang diambil dari Pegunungan Motecatini di Italia. Menurutnya, kandungan abu vulkanik berfungsi membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyingkirkan penumpukan kotoran di lapisan epidermis maupun dermis. Masker ini berwarna abu-abu gelap, dengan tekstur creamy dan glossy.

Tidak hanya abu vulkanik, masker ini juga mengandung ekstrak willow bark untuk menenangkan dan melembapkan kulit. “Hal yang menarik dari masker ini adalah proses pembersihannya, bukan dibilas dengan air, tapi tongkat magnet,” ujar Madonna.

dwi nur ratnaningsih