Edisi 02-01-2017
Menciptakan Spa Di Rumah


MENGISI waktu luang pada musim liburan dengan memanjakan diri tentu menyenangkan.

Menciptakan spa di rumah bisa menjadi alternatifnya, sekaligus untuk merawat tubuh.Menurut ahli spa dan facialist Ling Chan, salah satu bentuk relaksasi yang disukai perempuan adalah spa. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa sarana spa yang lengkap hanya terdapat di salon-salon kecantikan atau tempat spa, juga membutuhkan biaya yang tidak murah.

Padahal, menurutnya, spa pun bisa diciptakan sendiri di rumah. “Dengan sedikit langkah mudah, Anda sudah bisa merasakan pengalaman relaksasi dengan homemade spa,” ujar Chan dilansir dari Allure.com. Chan menjelaskan, untuk menciptakan spa di rumah, pertama-tama harus menyiapkan minuman spa yang menyegarkan. Dia menyarankan untuk mengisi teko dengan air dingin yang sudah difilter, kemudian masukkan potongan mentimun dan lemon.

“Siapkan secangkir minuman lain yang Anda inginkan, seperti teh hangat, air jahe, atau jus buah segar. Letakkan di tempat yang mudah Anda jangkau,” ungkap Chan. Bathtub yang ada di kamar mandi menjadi tempat yang tepat untuk menciptakan spa di rumah. Bathtub merupakan fasilitas penting untuk menciptakan sensasi spa yang nyaman. Namun, bathtub yang nyaman tidak selalu mewah dengan ukuran besar.

Jika memiliki kamar mandi berukuran mungil, Thurman menyarankan untuk menggunakan bathtub bergaya Japanese soaking tub. “Jadikanlah kamar mandi tempat yang nyaman untuk spa ketika Anda menginginkannya,” kata Chan. Cahaya lampu kamar mandi biasanya terlalu terang dan kurang lembut sehingga terasa kurang kondusif untuk melakukan spa. Chan berpendapat untuk mematikan lampu dan menggunakan lilin karena cahaya lilin jauh lebih lembut, tetapi masih memungkinkan untuk melihat.

Alunan musik yang lembut juga dapat menciptakan suasana santai. Karena itu, Chan menyarankan untuk menghidupkan alat pemutar musik dan putar alunan musik yang lembut dan lambat, misalnya jazz atau klasik. “Aturlah volume yang kira-kira akan membuat Anda dapat menikmati musiknya secara jelas,” bebernya.

Setelah ruang kamar mandi siap, isi bathtub dengan air hangat dan taburi bunga mawar atau minyak esensial. Chan juga menyarankan untuk memasang aroma terapi berbentuk lilin di sekitar bathtub. Menurutnya, aroma terapi berbentuk lilin kecil sangat membantu merelaksasi pikiran ketika berendam di bathtub, sekaligus menjadi penerang dan menghangatkan tubuh, meski harus berendam dengan waktu lama.

Ling Chan menyarankan untuk melakukan perawatan pada wajah dengan menggunakan krim facial atau masker sambil menikmati kehangatan air di sekujur tubuh. Sehabis itu, oleskan toner dan moisturizer untuk menjaga kelembapannya. Selain merawat kulit wajah dengan masker, kulit tubuh juga perlu diperbarui menggunakan scrub.

“Scrub tidak hanya akan membuat kulit terasa bersih dan segar dengan dibuangnya sel-sel kulit mati, tetapi juga membuat kulit lebih cerah dan lembut,” ujar Chan. Setelah berendam, merawat wajah dan tubuh, lalu bersihkan badan dengan body wash yang wangi dan beraroma mewah. Chan menyarankan untuk menggunakan fragranced body wash yang tidak hanya lembut untuk kulit, tetapi juga menebarkan aroma wangi yang menyenangkan.

“Sebagai tahap akhir, gunakan body oil untuk memberikan kelembapan yang lebih lama serta membuatnya semakin bersinar. “Kalau memungkinkan, juga bisa menggunakannya untuk pijat,” kata Chan.

dwi nur ratnaningsih