Edisi 02-01-2017
Menerapkan Disiplin Waktu Tidur


ORANG tua umumnya sulit menidurkan anak pada waktu yang teratur. Anak-anak biasanya akan menolak disuruh tidur, terutama jika mereka melihat sang kakak masih belum tidur. Anda bisa menerapkan tips berikut pada anak untuk mengembangkan kebiasaan tidur mereka yang baik.

1.Terapkan kebiasaan rutin Biasakan memiliki rutinitas tertentu sebelum berangkat tidur. Hal ini akan membantu anak mengerti bahwa sebentar lagi waktu tidur akan tiba. Gunakan waktu ini untuk membacakan cerita, memperdengarkan musik nan lembut, maupun melap atau memandikannya dengan air hangat. Anda mungkin akan tergoda untuk mengajaknya bermain sebelum tidur. Namun, hal ini justru malah membuat anak sulit tidur nantinya.

2.Konsisten Jadwalkan waktu tidur pada jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membantu si kecil mengetahui pola tidur yang sehat.

3.Benda kesayangan Biarkan anak membawa benda favoritnya ke tempat tidur setiap malam. Benda-benda tersebut bisa saja boneka beruang, selimut, atau mainan kesukaannya. Benda-benda tersebut justru akan membuat si kecil mudah terlelap, khususnya jika dia terbangun pada malam hari. Pastikan benda yang dibawanya aman. Perhatikan pita, kancing, atau benda lain yang berpotensi membuat si kecil tersedak.

4.Buat anak nyaman Pastikan anak nyaman. Mungkin saja dia ingin segelas air, lampu dinyalakan, atau pintu terbuka sedikit di kamarnya. Penuhi kebutuhan anak ini sebelum berangkat tidur sehingga dia tidak menolak diajak tidur.

5.Acuhkan Jangan bolak-balik ke kamar anak setiap dia memanggil. Lebih baik coba cara ini: tunggu beberapa saat sebelum menjawab panggilannya. Cobalah untuk merespons lebih lama. Cara ini akan membuat anak tertidur dengan sendirinya. Tetap yakinkan anak Anda ada di dekat kamarnya jika Anda ingin masuk ke kamarnya jangan menyalakan lampu, bermain dengannya, atau tinggal terlalu lama.

sri noviarni