Edisi 11-01-2017
KPU Temukan Surat Suara Rusak


YOGYAKARTA– Tak sedikit surat sua ra yang akan dipakai untuk Pilwali Ko ta Yogyakarta 2017 ditemukan ru sak atau tidak layak pakai.

Jumlah su rat suara yang ru - sak diperkirakan ber tambah karena pro ses sortir dan li - pat masih akan ber - lang sung selama lima hari ke depan. “Itu karena noda tinta hitam. Ka mi akan buat berita aca ra - nya, kemudian akan kami musnahkan. Secepatnya kami min - ta surat suara pengganti ke per - cetakan,” kata Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budi yan - to, di sela meninjau hari pertama proses sortir dan lipat surat suara di gudang milik KPU di Jalan Imogiri Timur, Um bul - harjo, kemarin.

Meski demikian, KPU be - lum menemukan adanya surat suara yang rusak berbentuk mata ikan atau tonjolan yang ren tan sobek saat pelipatan, mau pun surat suara rusak ber - lu bang yang dikhawatirkan bi - sa mengarahkan pemilih un tuk memilih pasangan calon tertentu. Secara umum, Wawan me - ni lai kualitas surat suara dalam kondisi baik. “Kami ingin me - mastikan seluruh surat suara da lam kondisi baik saat digunakan pada hari H pemungut - an suara 15 Februari menda - tang,” katanya. Salah satu petugas sortir dan lipat, Jumadi mengaku, ba - ru sekitar setengah jam me - nyortir, dia menemukan 16 su - rat suara yang rusak akibat no - da tinta.

Namun dia mengaku tidak mengalami kesulitan da - lam menjalankan tugas karena sudah memiliki pengalaman pada proses pemilu sebelumnya. Petugas dari KPU juga ikut membimbing dan mengawasi,” ujar warga Tegalrejo ini. Dalam tahap pelipatan su - rat suara, KPU mengerahkan 42 petugas terdiri tiga orang da - ri tiap kecamatan dengan ho - nor Rp75 tiap surat suara yang berhasil disortir dan dilipat. Tahapan ini dijadwalkan rampung pada Sabtu (14/1).

Total surat suara yang di - cetak untuk kebutuhan Pilwali 2017 sebanyak 306.849 lembar sesuai jumlah pemilih da - lam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah surat suara ca - d angan masing-masing 2,5% dari DPT di tiap Tempat Pe mu - ngutan Suara (TPS) dan 2.000 surat suara cadangan untuk an - tisipasi proses pemilihan ulang. Seluruh surat suara dan ke - per luan logistik lainnya seperti bilik suara, kotak suara, dan kotak rekapitulasi suara disimpan di gudang KPU dengan pen jagaan ketat satpam dan kepolisian selama 24 jam setiap harinya hingga waktu pen - distribusian logistik ke 794 TPS.

Ristu hanafi






Berita Lainnya...