Edisi 11-01-2017
Kapal Astina Mogok di Dermaga Karimunjawa


JEPARA - Kapal Motor (KM) Astina yang berlayar dari Muara Angke, Kaliadem Jakarta tujuan Pelabuhan Benoa, Bali ”mogok” di Perairan Karimunjawa, Jawa Tengah.

Untung saja armada itu beserta nakhoda serta anak buah kapal (ABK) bisa diselamatkan dan ditarik ke Dermaga Karimunjawa. Kapal berbobot 47 GT ini berhasil ditarik dan tiba di Dermaga Karimunjawa, Selasa sekitar pukul 02.30 WIB. Hingga kemarin siang, kapal yang dinakhodai Richard S dengan empat ABK masing-masing bernama Wiwit, Allan, Jamal, dan Remon itu masih dalam proses perbaikan.

”Nakhoda dan ABK KM Astina dalam kondisi selamat,” kata petugas SAR Karimunjawa, Hasanudin kemarin. KM Astina mengalami masalah pada bagian mesin. Sebab, komponen propeler kapal terlilit tali jangkar. Kapal berwarna putih itu sebelumnya berangkat dari Muara Angke sejak Minggu (8/1) pukul 15.00 WIB.

Senin (9/1) pukul 16.00 WIB kandas di Perairan Karimunjawa, persisnya di titik koordinat 05 53’ 500’’ S dan 110 13’ 871” E. ”Kita apresiasi kepedulian nelayan Karimunjawa yang membantu KM Astina,” ujar Kasatpolair Polres Jepara AKP Hendrik Irawan. Petugas Kantor UPP Syahbandar Jepara Zainudin mengatakan ada dua titik yang paling dihindari kapal yang melintas di perairan laut Karimunjawa, yakni Takak Seruni dan Karang Kapal.

muhammad oliez

Berita Lainnya...