Edisi 11-01-2017
Siswa PAUD Diajarkan Cara Bercocok Tanam


PATI – Sebanyak 40 siswa PAUD Bintang Kecil mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon mahoni dalam rangka hari penanaman pohon kemarin. Kegiatan ini merupakan sarana edukasi yang diberikan pihak sekolah untuk menumbuhkan cinta lingkungan kepada para siswanya.

Kepala Sekolah PAUD Bintang Kecil Wiwid Widiastuti mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana edukasi yang telah disiapkan pihak sekolah untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada para siswa. Menurutnya, dengan pengenalan lingkungan dari sejak dini, diharapkan para siswa ini mulai mengenal lingkungannya dan nantinya juga bisa ikut melestarikannya.

”Oleh karena itu, kami kemudian membuat kegiatan penanaman pohon mahoni ini agar siswa mulai mengenal dan mencintai lingkungannya,” terangnya. Dia mengakui, memberi pemahaman kepada para siswa terutama yang masih di PAUD memang agak susah. Maka dari itu, kegiatan penanaman ini akan dilakukan secara berkelanjutan agar mereka mulai terbiasadengankegiatanitu.

” Dari kebiasaan itulah yang nantinya sedikit banyak memengaruhi rasa cinta lingkungan setiap anak. Sebab, kebanyakan anak belajar dari pengalaman masing-masing,” tambahnya. Selain penanaman, nantinya setiap anak juga akan diajarkan untuk merawat tanaman yang telah ditanamnya tersebut. Seperti ikut menyiram dan mengamati pertumbuhan tanamannya.

”Dengan sistem seperti ini, anak akan mudah menerima pelajaran yang didapatkan. Apalagi, kegiatannya juga disetting semenarik mungkin untuk membuat mereka nyaman” ujarnya. Selain itu, dia juga sangat mengapresiasi para orang tua murid yang ikut aktif menyukseskan setiap acara yang ada. Karena menurutnya, dukungan orang tua dalam setiap kegiatan anak memang sangat dibutuhkan.

”Kami sangat senang karena para orang tua murid begitu antusias mengikuti setiap kegiatan yang diadakan,” ungkapnya. Sementara itu, salah satu wali murid Vica mengaku, sangat mendukung program tersebut. Sebab, para siswa bisa belajar tentang ragam tanaman dan cara merawatnya. ”Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi peserta didik dan tentunya juga bermanfaat untuk sekolah,” pungkasnya.

ER

Berita Lainnya...