Edisi 11-01-2017
Cedera Hamstring, Kasus Paling Dominan di Persib


BANDUNG – Cedera hamstring strain atau otot paha bagian belakang jadi permasalahan cedera yang sering dialami penggawa Persib Bandung ketika melakoni turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Hasil analisa yang dilakukan tim medis dan fisioterapi Maung Bandung, dari 12 kasus cedera yang dialami armada Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman, 45% di antaranya adalah cedera hamstring strain. Dari jumlah keseluruhan itu, 27% di antaranya masuk kategori grade satu. Selain hamstring strain, cedera jenis lain yang cukup sering dialami oleh Atep dkk yakni anterior talofibular ligament (ATFL) ankle sprain.

Kasus tersebut terjadi sebanyak 11% selama kurun satu tahun. Selebihnya, kasus cedera dengan persentase di bawah 5% antara lain fraktur patella, posterior cruciate ligament (PCL) sprain, tendinopathy achiles, meniscus tear. Fisioterapis Persib Benidektus Adi menjelaskan, cedera tersebut merupakan kasus yang cukup sering terjadi dialami oleh para pemain sepak bola profesional.

“Dari jurnal dan literatur yang saya baca, di hampir semua klub dunia lain pun sama, hamstring memang sering menjadi kendala utama. Sekelas Barcelona juga persoalannya sama,” kata Beni.

inin nastain

Berita Lainnya...