Edisi 11-01-2017
Pemandu Wisata Apresiasi Kinerja Haryadi Suyuti


YOGYAKARTA –Komunitas Pemandu Wisata Kota Yogyakarta mendeklarasikan duku - ng annya kepada pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali K ota Yogyakarta, Haryadi Suyuti- Heroe Poerwadi, dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2017.

Sosok Haryadi dinilai telah membuktikan kinerjanya yang mampu menata dunia pariwisata di Kota Yogyakarta selama menjabat wali kota periode 2011-2016. “Yang terbaru, prestasi pem kot di bawah kepemim - pinan Pak Haryadi telah diakui se cara nasional dengan menyabet penghargaan kota terbaik kategori pariwisata dalam Attrac tiveness Award 2016,” kata Koordinator Komunitas Pe mandu Wisata Kota Yog ya - karta, Purwani, di sela de kla ra - si dukungan di posko tim sukses Haryadi-Heroe, di Omah Putih, Jalan Brigjen Katamso, kemarin.

Tak hanya alasan tersebut, pria yang kerap disapa Thole itu mengaku komunitasnya me - mu tuskan dukungan ke Har ya - di-Heroe karena dinilai sebagai sosok kreatif dan berintegrasi untuk mengembangkan Kota Yogyakarta ke arah yang lebih baik. Terutama program kerja yang bisa meningkatkan kese - jah teraan para pelaku pariwi - sata. “Kami yakin dunia pariwi - sata di Yogyakarta akan terus ber kembang. Sinergi antara pe laku pariwisata seperti pe - ma du wisata, tukang becak, an - dong, dengan pemerintah ha - rus terus dilakukan agar wisatawan tak bosan berkunjung ke Kota Yogyakarta,” katanya.

Calon wakil wali kota, Heroe Poerwadi mengatakan, peran pemandu wisata sangat pen - ting karena sebagai salah satu ujung tombak untuk menyambut wisatawan. Terlebih profesinya sebagai pemandu yang memberikan segala informasi seputar dunia pariwisata di Kota Yogyakarta. Salah satu program kerja jika terpilih dalam pilwali 15 Februari mendatang, Heroe mengatakan dia bersama Har - ya di akan sinergikan objek-ob - jek wisata yang ada di Kota Yog - yakarta agar ada pemerataan tingkat kunjungan. Seluruh pe - la ku wisata yang terlibat di da - lamnya akan diwadahi agar bi - sa saling bekerja sama.

“Paketpa ket wisata kita sinergikan, ter masuk akses transportasi wisata. Nantinya saling meng - hu bungkan satu objek ke objek lain. Jadi tidak hanya berpusat di beberapa objek saja,” ujar - nya. Heroe juga mengaku tengah menyiapkan konsep kebutu - han moda transportasi wisata yang ideal sehingga bisa masuk ke objek-objek wisata yang tergolong sulit dijangkau oleh ken daraan berukuran besar. Seperti integrasi moda trans portasi tradisional dan mo dern, namun tanpa berakibat menambah beban lalu lintas.

Ristu hanafi


Berita Lainnya...