Edisi 11-01-2017
Ruang Untuk Rookie


BANDUNG – Perubahan regulasi yang dilakukan PSSI mulai kompetisi musim 2017, berpotensi memunculkan rising star. Selain membatasi jumlah pemain asing, federasi pun mewajibkan setiap klub memainkan minimal pemain di bawah usia 23 tahun.

Hal itu merupakan upaya PSSI untuk memunculkan lebih banyak pemain muda. Sebab selama ini ambisi menggapai prestasi tinggi sering membuat klub ragu-ragu memainkan pemain muda. Kecuali jika pemain tersebut memiliki kemampuan ‘spesial’. Regulasi penggunaan pemain di bawah usia 23 tahun tersebut, disambut antusias oleh Gian Zola Nasrulloh, salah satu pemain yang dipromosikan Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman dari skuat junior ke senior.

Selain diwajibkan memiliki pemain di bawah usia 23 tahun, klub pun harus memainkan tiga pemain dari usia tersebut dalam setiap pertandingan. Sebagai rookie atau debutan, Zola pastinya merasa diuntungkan oleh regulasi ini. Ada peluang besar bagi dia untuk berkreasi di lapangan. Peraturan tersebut ibarat pintu yang baru dibuka setelah sekian lama tertutup dan Zola hanya tingga menunggu waktu untuk menjalani debut di laga resmi.

Regulasi ini sebenarnya pernah diterapkan pada turnamen Piala Jenderal Sudirman yang jadi awal ‘perkenalan’ Febri Hariyadi dan Zola dengan bobotoh. Begitupun di turnamen Piala Bhayangkara, namun di turnamen tersebut regulasi ini tak mewajibkan klub memainkan pemain muda. “Yang pasti ini menjadi motivasi buat saya untuk bisa berbuat banyak untuk Persib.

Kalau diberi kesempatan untuk main sudah pasti akan saya maksimalkan,” tegas Zola, kemarin. Motivasi Zola semakin meningkat, lantaran tujuan ditetapkan aturan tersebut untuk pembinaan jangka panjang dengan target hingga lima tahun mendatang, sehingga terbentuk timnas yang tangguh.

Selain itu regulasi ini bertujuan untuk mencapai target di SEA Games XXIX/2017 Malaysia, target semifinal di Asian Games 2018 Indonesia, dan medali emas di SEA Games XXX/2019. “Sebagai pemain bola tujuan kita kan agar bisa membela timnas. Sehingga saya pikir dengan regulasi sekarang cukup terbantu,” katanya.

Persib sendiri sebenarnya sudah memenuhi aturan yang diterapkan PSSI soal kewajiban diperkuat pemain berusia 23 tahun. Selain Zola, ada Muhammad Natshir ‘Deden’ Fadhil Mahbuby (kiper), Febri Hariyadi, Sugiyanto dan Ahmad Subagja Basith.

muhammad ginanjar

Berita Lainnya...