Edisi 11-01-2017
Tebing Longsor, Desa Cimarga Terisolasi


SUMEDANG - Tebing Jalan Cimarga, tepatnya di Blok Ciawi, Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, ambrol diterjang longsor, dini hari kemarin.

Akibatnya, desa tersebut terisolasi akibat akses jalan kabupaten menuju desa tersebut tertutup material longsoran tebing. Warga Desa Cimarga Suhaya, 38, mengatakan, longsor terjadi akibat hujan yang mengguyur sejak Senin (9/1) sore yang tak kunjung reda. “Hujannya memang tidak besar, malah kecil tapi hingga malam tak kunjung berhenti.

Mungkin karena diguyur hujan itu tebing jadi labil dan longsor,” ujar petugas SPBU Darmaraja ini kepada KORAN SINDO kemarin. Akibatnya, kata dia, hari ini dia tidak bisa berangkat kerja ke Darmaraja karena akses jalan total tertutup material longsor. Dan menghambat warga desa lainnya untuk menempuh perjalanan menuju ke luar desa.

“Karena tak bisa berangkat kerja, saya ikut bantu warga lain, dan anggota Polsek Cisitu dan dari TNI membersihkan material longsor yang menutup jalan,” tuturnya. Sementara, Kapolsek Cisitu Ipda Sukardi mengungkapkan, meski kejadian longsor di wilayahnya tidak menimbulkan korban jiwa.

Namun, material longsor yang menimbun jalan menutup akses menuju desa tersebut. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun material longsor menutup akses menuju Desa Cimarga. Kami (anggota Polsek), bersama anggota koramil gotong royong membersihkan material longsoran dengan alat seadanya. Karena alat berat sulit untuk didatangkan, mengingat akses jalan ke sini berliku dan naik,” katanya.

aam aminullah

Berita Lainnya...