Edisi 11-01-2017
Semua SMP-SMA/SMK di DIY Pakai Komputer


YOGYAKARTA – Tahun ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY bakal menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi seluruh SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-DIY, baik negeri maupun swasta.

“Tahun ini sudah tidak lagi sebagian yang UNBK, tapi semuanya. Kami sudah berkoordinasi dengan SMA dan SMK yang memiliki perangkat komputer dalam jumlah banyak. Nanti sekolah yang tidak memiliki cukup komputer, bisa nebeng (menumpang) di sekolah yang punya banyak,” ungkap Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji, kemarin. Kepada wartawan, Aji mengungkapkan, memang masih ada sejumlah sekolah belum memiliki fasilitas pendukung lengkap namun jumlahnya dianggap tidak banyak.

Di tingkat SMK hanya ada 10% sekolah akan nebeng di sekolah lain. Kemudian di tingkat SMA masih ada 15% sekolah. Sedangkan untuk SMP jumlahnya masih banyak, yakni 50%. “Persoalan perangkat komputer maupun jaringan internet untuk UNBK pada dasarnya tidak ada masalah. Apalagi pelaksanaan UN tiap jenjang pendidikan tidak bersamaan. Kami pun tetap memberi kebebasan bagi sekolah yang ingin memaksimalkan perangkat milik siswa atau orang tua siswa,” tutur Aji.

Dikatakan Aji, ada beberapa alasan pihaknya melaksanakan UNBK secara keseluruhan tahun ini. Pertama , karena alat pendukung sudah cukup. Kedua, dari pelaksanaan tahun sebelumnya, anak yang ikut UNBK lebih senang saat ujian. Pertimbangan terakhir , UNBK jauh lebih efisien dari segi pembiayaan dan persiapan. “Biaya cetak soal jadi berkurang jauh. Persiapannya pun tidak akan seribet dulu yang harus lelang percetakan dan dropping soal ke mana-mana. Paling cetak soal nanti hanya untuk yang SMPLB dan SMALB,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SMA Negeri 1 Pakem, Sleman, Kristya Mintarja mengatakan, pihaknya menjadi salah satu sekolah yang dimintai persetujuan meminjamkan fasilitas untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP. Kebetulan SMA Negeri 1 Pakem sudah memiliki fasilitas penunjang yang lengkap mendukung UNBK. “Kami sendiri memang telah melaksanakan UNBK sebelumnya. Kalau nanti memang sekolah kami akan dipinjam untuk UNBK tingkat SMP, kami siap. Kami memang sudah diberitahukan sebelumnya dari dinas melalui surat terkait rencana penggunaan fasilitas sekolah ini,” ujarnya.

Menurut Kristya, saat mendapat pemberitahuan rencananya ada tiga SMP akan melaksanakan UNBK di SMA Negeri 1 Pakem. “Tapi SMP mana saja, kami belum tahu. Namun pada intinya, kami siap membantu,” katanya.

Ratih keswara

Berita Lainnya...