Edisi 11-01-2017
30 Toilet Disiapkan di Jakabaring


PALEMBANG – Menjelang perhelatan Asian Games 2018 mendatang, Pemerintah Sumsel mendapatkan alokasi 30 toilet guna mendukung sanitasi di ka was an Jakabaring Sport City (JSC).

Kepastian ini disampaikan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin usai menerima tiga kendaraan compactor sampah di halaman Pemprov Sumsel kemarin. Alex me ngatakan Sumsel te - rus men da patkan perhatian mewujud kan kawasan JSC se - bagai kawas an go greensekaligus akan men ja di tuan rumah Asian Games 2018. Bebe rapa per wujudannya dianta ranya akan segera men - dapatkan 30 toilet di ka wasan tersebut.

“Tidak hanya truk compactor nantinya juga akan terdapat toilet yang bermanfaat da lam sanitasi dan mewujudkan ka - wasan JSC sebagai kawasan nan hijau (go green),”ujar ia. Toilet akan diletakkan di se - tiap venue yang nantinya di - pergunakan bagi kebutuhan sanitasi pengunjung, terutama jika terselenggara perhelatan. Saat ini, sarana di JSC juga sudah dilengkapi dengan sarana air yang siap minum dan listrik yang ber - sumber dari tenaga matahari.

“Se lain itu akan ada sarana mobil hi drogyen yang merupakan ban - tuan dari negara luar. Sebelum Tokyo memamerkannya pada Olympiade 2020, Indonesia ter - utama Sumsel akan sudah meng - gunakan dan mengenalkan nya,” beber Alex. Tiga kendaraan compactor yang disalurkan kepada Pemprov Sumsel berasal dari Kementerian PUPR. Dirjen Ciptakarya Penye - hat an Lingkungan, Dodi Kris prat - madi mengatakan mobil kom pac - tor dipergunakan guna menge lo - la tahapawalsampah-sampahyang berada di kawasan JSC.

Peng gunaannya akan lebih efesien daripada mobil angkut sampah pada umumnya. Karena selain di ja dikan sarana ang kut - an sampah, kendaraan tersebut juga berfung si mengkomposer sampah men jadi santuan yang lebih kecil. “Di Jakarta juga sudah ada. Ke mungkinan jumlah akan di - tambah lagi. Saat ini, satu mobil ka pasitas 15 ton dan dua mobil lain nya, kapasitas yang lebih kecil yakni 4-5 ton,”terang ia. Kepala Dinas PUCK Sumsel, Basyaruddin mengatakan JSC akan mendapatkan berbagai fasi - li tas tambahan menjelang Asian Games pada tahun ini. Dianta ra - nya, pengadaan toilet guna sa - nitasi.

Toilet ini akan diper un - tukkan bagi tiga segmen, yakni toilet laki-laki, perempuan dan disabilitas. Ukuran tiap toilet akan berbeda, dan ditempatkan di setiap venue sesuai dengan ke - butuhannya, “Toilet ini sangat mem bantu, bagi penyediaan sanitasi sehing - ga membawa kotoran (sam pah) nya ke luar dari kawas an JSC,” ujarnya. Selain itu, sarana lainnya yang bakal diterima JSC diantaranya perbaikan drainase, unit penge lo - laan limbah, kendaraan angkut dan proses sampah, dan berbagai fasilitas lainnya.

“Setelah pengadaan mobil sam pah yang diperuntukkan di JSC, diharapkan nanti lebih ba - nyak sarana lainnya, termasuk sarana dan prasarana lainnya di luar Jakabaring,”pungkasnya.

Tasmalinda








Berita Lainnya...