Edisi 11-01-2017
Panel, Solusi Tepat untuk Furnitur


Seluas dan sebagus apa pun desain hunian Anda, pastinya tetap memerlukan sedikit sentuhan di sudut tertentu, terutama di bidang dinding. Pastinya sangat disayangkan bila dinding di rumah dibiarkan tak berseni.

Karena itu, diperlukan hiasan untuk mempercantik tampilannya. Dalam sebuah ruangan sering kali terdapat bagian bidang dinding yang luas, misalkan saja di area kamar tidur, ruang makan atau ruang keluarga. Sangat disayangkan bila tampilannya dibiarkan kosong tanpa hiasan. Tentu membuat suasana di dalamnya menjadi kurang menarik.

Desainer interior Ade Lesmana menuturkan, menghadirkan panel sebagai alternatif penghias dinding atau backwall . Bisa menghadirkan kesan yang berbeda dalam ruangan, biasanya material yang digunakan adalah jenis kayu olahan, gypsum atau papan multipleks. Untuk finishing -nya bisa menggunakan cat, pelitur, duco , dan lapisan HPL. Panel di dinding bukan hanya berfungsi sebagai tempelan yang merekat di dinding.

Anda juga bisa membuat panel sebagai tempat penyimpanan dengan meletakkan lemari atau kabinet di sisi dalamnya. Di salah satu bagian yang tertutup, Anda bisa memfungsikannya sebagai tempat penyimpanan seperti buku ataupun rak sepatu. Dengan begitu ruangan akan terlihat rapi.

“Panel tidak hanya bisa dipajang sendiri, elemen kaca, kayu, stiker, atau alumunium bisa memberikan kesan yang sedikit berbeda untuk tampilannya. Bisa juga ditambahkan efek pencahayaan untuk menambah kesan dramatis,” lanjut Ade. Anda bisa menggunakan lampu downlight sebagai penyorot pajangan yang tertanam di dinding panel.

Dengan adanya temaram cahaya yang memancar menjadikan tampilan dinding Anda tidak lagi terlihat membosankan. Tidak semua bagian dinding terlihat pas bila menggunakan panel, ada baiknya bila Anda memperhatikan layout ruangan agar tampilan dinding pun tidak merusak suasana.

“Pilih dinding yang akan dijadikan point of interest , kemudian perhatikan juga letak furnitur yang ada di dalam ruangan karena hal tersebut sangat menentukan bagian dinding dan suasana,” lanjut Ade. Bila Anda menginginkan dinding kamar tidur berhiaskan panel, posisi yang paling tepat bisa ditempatkan di area belakang tempat tidur.

Adanya panel di salah satu dindingnya bisa memberikan suasana yang teduh dan membuat tidur Anda semakin nyaman. “Jika fungsi panel sebagai penarik perhatian atau penghias, sebaiknya letakkan di belakang tempat tidur. Untuk di ruang tidur, sebaiknya gunakan material panel MDF yang memiliki motif dan tekstur beragam,” kata Ade.

aprilia s andyna

Berita Lainnya...