Edisi 11-01-2017
156 Pejabat Diuji 200 Soal


SERDANGBEDAGAI–Sebanyak 156 pejabat eselon III jajaran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mengikuti ujian tertulis di Aula Sultan Serdang, Kompleks Perkantoran Bupati, Sei Rampah, Selasa, (10/1).

Ujian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan para aparatur negara. Dalam ujian tersebut, peserta diberi waktu dari pukul 09.00-12.00 WIB untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan tim penguji. Ujian massal itu diawasi langsung oleh Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya. “Soal berkaitan dengan psikotes, pengetahuan umum dan manajerial. Ada sekitar 200 soal yang harus dijawab dalam delapan sesi,” ungkap Samsudin Tarigan, salah satu peserta yang menjabat Kepala Bidang Olahraga di Dinas Pariwisata, Pemuda,Olahraga dan Kebudayaan, ketika ditemui seusai mengikuti ujian.

Para peserta mengaku materi atau soal ujian cukup lumayan sulit. Harlinawati, peserta lainnya yang juga dari Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan mengaku cukup berpikir keras untuk mencari jawaban atas soal-soal yang diujikan. “Saya memang harus fokus, tapi semuanya hampir dapat dikatakan bisa dijawab,” tandasnya. Bupati Sergai Soekirman mengungkapkan, ujian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan para aparaturnya.

Dengan demikian, pejabat yang ditempatkan pada posisi tertentu sesuai dengan kapasitas dan kapabilitasnya. Hal ini perlu untuk mendorong tercapainya visi Sergai menjadi Kabupaten yang Unggul, Inovasi, dan Berkelanjutan. “Tentunya ujian ini menjadi tolak ukur penempatan tugas dan jabatan yang harus diemban mereka nantinya,” katanya. Terpisah, Inspektorat Pemkab Sergai yang juga Plh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Ifdal, mengatakan, ujian tertulis ini semestinya diikuti sebanyak 158 peserta, namun dua orang tidak jadi ikut karena telah memasuki masa pensiun.

Menurut dia, point-point yang diujikan sangat relevan dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) jabatan eselon III selaku pejabat administrator. “Tim pengujinya sama seperti ujian kompetensi yang kami lakukan kepada para tenaga honorer beberapa waktu lalu. Hanya saja kali ini kadar soalnya lebih ditingkatkan lagi. Sesuailah dengan kemampuan eselon III,” tandasnya.

Erdian wirajaya


Berita Lainnya...