Edisi 11-01-2017
Empat Pegawai Eselon II Berstatus Nonjob


KUDUS - Sebanyakempat pegawai eselon II di lingkungan Pemkab Kudus saat ini tidak memiliki jabatanaliasnonjob. Keempat pegawai itu adalah Hari Triyoga, Budi Santoso, dr Maryata, dan Hadi Sucipto.

Lalu, bagaimana nasib mereka berempat? Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kudus Joko Triyono mengatakan, berdasarkan SOTK yang baru, terjadi perampingan untuk jabatan staf ahli bupati. Jika sebelumnya ada lima, dirampingkan menjadi tiga saja. ”Hari Triyoga dan Budi Santoso sebelumnya menjabat staf ahli bupati di SOTK lama.

Karena ada perubahan SOTK baru, maka keduanya tidak masuk,” kata Joko. Untuk dr Maryata, mantan kepala Dinas Kesehatan Kudus, lanjutnya, menolak melanjutkan sebagai kepala dinas dan memilih pegawai fungsional. Sementara Hadi Sucipto, mantan Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM, lebih memilih mengajukan pensiun dari waktu normal, yaitu September mendatang.

”Keempatnya saat ini ditempatkan di Bagian Umum Setda Kudus sebagai staf dan berstatus pegawai fungsional,” jelasnya. Namun, untuk Hari Triyoga dan Budi Santoso, Joko menjelaskan, diberikan kesempatan untuk mengikuti lelang secara terbuka untuk enam posisi jabatan dinas yang saat ini masih kosong.

”Lelang jabatan prosesnya terbuka serta transparan. Termasuk bagi mereka berdua, juga masih bisa mengikuti lelang jabatan. Proses lelang jabatan akan dimulai pada minggu ketiga atau paling lambat akhir bulan,” ungkap Joko. Ketua Komisi A DPRD Kudus Mardiyanto mengingatkan agar proses lelang jabatan Pemkab Kudus hendaknya dilakukan secara transparan dan terbuka.

”Kita akan ikut memantau pelaksanaan lelang, mulai dari proses pendaftaran hingga seleksi. Tidak boleh ada jual beli jabatan,” harapnya.

AM

Berita Lainnya...