Edisi 11-01-2017
Gaji Guru Tanggungan Pemprov


SUKOHARJO – Mulai Januari 2017 ini semua urusan terkait guru setingkat SMA menjadi tanggung jawab Pemprov Jateng. Termasuk urusan gaji yang sudah menjadi tanggungan Pemprov Jateng karena semua aset SMA/ SMK sudah diserahkan ke Pemprov akhir 2016.

”Mulai Januari ini kami sudah menghentikan gaji untuk guru setingkat SMA karena semuanya sudah menjadi kewenangan pemprov,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Sukoharjo RM Suseno Wijayanto kemarin. Suseno menerangkan, terkait pelimpahan sumber daya manusia (SDM) guru tingkat SMA/SMK ke Pemprov, berkas dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Perwakilan Yogyakarta sudah turun.

Saat ini tengah dilakukan pemberkasan untuk guru tingkat SMA/SMK setelah beralih kewenangan. Sehingga dengan adanya pemberkasan, secara otomatis penggajian yang dulu menjadi wewenang pemkab akan dihentikan. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo Joko Triyono mengaku jumlah guru PNS yang dilimpahkan ke pemprov sebanyak 982 orang.

Data tersebut sudah valid setelah sebelumnya dilakukan verifikasi ulang dengan melibatkan provinsi. Selanjutnya, data difinalisasi. ”Pengambilalihan guru PNS mengikuti program sekolah yang juga diambil alih pengelolaannya dari daerah ke provinsi,” paparnya.

Sumarno

Berita Lainnya...