Edisi 12-01-2017
Angin Kencang Robohkan 4 Rumah


GUNUNGKIDUL– Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (10/1) sore.

Puluhan pohon bertumbangan dan empat rumah warga mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut. Kepala Desa Banyusoco Suti yo - no mengatakan, peristiwa angin kencang ini berawal dari men dung yang cukup gelap terjadi sejak siang hari. Kemudian hujan deras turun dan langsung diikuti dengan angin yang cu - kup kencang. Pihaknya bersama pe rang - kat desa sempat keluar ruangan ka rena suara angin benar-benar membuat merinding.

“Benar sa ja saat keluar ruangan dan be - ra da di pendapa balai desa, terde ngar suara asbes berhamburan dari kios desa,” katanya, kemarin. Tidak hanya itu, di hampir semua dusun pohon-pohon am bruk dan melintang di jalan. Se mentara itu listrik juga mati karena kabelnya terputus. “Ak - ses jalan juga sempat terputus karena banyak pohon tumbang dan melintang di jalan,” lanjutnya. B eberapa dusun yang me - nga lami angin kencang cukup pa rah di desa tersebut adalah Du s un Ketangi, Dusun Banyu - so so dan juga Dusun Ke dung - wang lu.

“Akses jalan menuju Ke dungwanglu baru terbuka pe tang hari,” kata dia. Sementara, beberapa rumah warga juga mengalami keru sak - an. Di antaranya adalah rumah milik Samidi, Mugiyo, Seno, dan Karno di Dusun Ketangi. Se - dang kan di Dusun Banyusoco rumah milik Sumirin juga me - ngalami kerusakan di bagian atap ka rena tertimpa pohon. “Se muanya rusak di bagian gen - ting karena terkena robohan ran ting pohon di dekat rumah,” kata Sutiyono.

Selain merusak beberapa ru - mah warga, bencana angin kencang juga menyebabkan 10 kios desa yang belum lama dibangun berantakan di bagian atapnya. Atap bangunan dari asbes semuanya terlempar karena angin kencang tersebut. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono membenarkan hal tersebut. Pihak - nya sudah berkoordinasi de - ngan pihak kepolisian dan re la - wan untuk proses penanganan bencana. “Semua sudah terta - nga ni atas koordinasi yang baik an tara pemerintah desa, Polsek Playen dan juga relawan,” ulasnya.

Diapun berharap ma sya ra - kat tetap waspada dengan hujan deras disertai angin kencang. Hujan deras disertai angin kencang ini masih berpotensi terjadi di hampir semua wil a - yah. “Kalau tanah longsor jelas ma sih diwaspadai di semua wi - la yah perbukitan utara Gu - nung kidul. Kemudian untuk angin kencang merata di semua kecamatan,” pungkasnya.

Suharjono

Berita Lainnya...