Edisi 07-02-2017
Status RSU Sibolga Diminta Kembali Jadi Rujukan di Sumut


SIBOLGA– Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengembalikan status Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinan Lumbantobing (FL Tobing) sebagai salah satu rumah sakit rujukan/regional di Sumatera Utara (Sumut), khususnya di wilayah pantai barat.

Hal ini disampaikan senator asal daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara (Sumut) pada pertemuan bersama dengan Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang, Direktur RSU FL Tobing Masrip Sarumpaet, para dokter dan tenaga medis serta pegawai RSU FL Tobing, di Sibolga, Senin (6/2). Parlindungan mengaku prihatin dengan pencabutan status rumah sakit Sibolga sebagai rujukan.

Apalagi, kelas rumah sakit Sibolga diketahui masih berada di atas beberapa rumah sakit yang telah ditetapkan oleh Kemenkes sebagai rumah sakit regional di Sumut, khususnya di wilayah pantai barat. “Kmi akan dorong Kemenkes untuk mengembalikan kembali status rujukan regional rumah sakit Sibolga ini.

Soalnya memang dari kesejarahan, rumah sakit ini sudah layak. Apalagi ke depan, Sibolga akan menjadi salah satu kota hebat di pantai barat,” ungkapnya. Direktur RSU FL Tobing Sibolga, Masrip Sarumpaet, sebelumnya memaparkan kondisirumah sakit mulai dari kondisi bangunan dan ruangan, sarana dan prasarana, tenaga dokter, tenaga medis, capaiancapaian rumah sakit, serta perubahan pola pelayanan rumah sakit yang telah menjadi BLUD.

Termasuk juga kekurangan dan kendala rumah sakit. Dia berharap DPD bisa mendorong Kemenkes mengembalikan status RSU FL Tobing Sibolga sebagai salah satu rumah sakit rujukan nasional di pantai barat Sumut, yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Gubernur Sumut pada 2014 lalu.

jonny simatupang

Berita Lainnya...